Studi pendidikan kepribadian pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang BAB IV



BAB IV
PAPARAN DATA DAN TEMUAN HASIL PENELITIAN


A.      Paparan Data
1.         Sejarah Berdirinya Thariqah Naqsybandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Berdasarkan hasil Dokumentasi yang peneliti peroleh maka bisa memaparkan sejarah Berdirinya Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang sebagai berikut. Awal masuknya TN di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang perkiraan ialah pada tahun 1945 pada tahun ini lah Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  mulai masuk ke Desa Ganjaran Gondanglegi Malang yang awalnya di plopori oleh tiga masyaikh Thariqah Naqsyabandiyah (TN). Pertama K H Syamsuddin dari madura sampang. Kedua K H Fathul Bahri dari ampul tambelanggan. Ketiga K H Sirajuddin sampang. Dan ketiga ulamak ini lah yang melopori Thariqah Naqsyabandiyah pertama kali di Desa Ganjaran Gondalegi Malang. Sebelum TN masuk ke Desa Ganjarang Gondanglegi Malang ada tarekat lain yang memang di anut oleh masyarakat Ganjaran Ya itu Thariqah Qodiriyah bukan Thariqah Naqsyabandiyah (TN), tetapi dengan berjalannya waktu dan dengan kerja kerasnya bara ulama’ dalam mejalankan agama Allah lambat laun masyarakat bisa menerima dengan baik bahkan bisa dikatakan TN adalah tarekat yang sudah di anut oleh masyarakat Ganjaran Gondanglegi Malang bukan Thariqah Qodiriyah lagi. Ketika para Ulama’ yang di atas sudah meninggal dunia maka TN ini di lanjutkan oleh masyaik yang lain di antaranya: K H Bukhori adik dari K H Fathul Bahri Sampang  Madura, putra dari K H Ismail Madura, setelah K H Bukhori wafat maka di lanjutkan oleh putra-putra beliau yang juga mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  diantara putra-putra beliau yang mursid tarekat naqsabandiyyah iayalah K H Mujtaba Bukhori, K H Qosim Bukhori, K H Zainullah Bukhori, K H Abdul Abbas Bukhori, sekrang yang masih ada guru mursyid TN di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang hanya tinggal K H Mujtaba Bukhori beliaulah yang sekarang yang berjuang untuk tatap menegakkan kalimat ketauhidan kedalam diri masyarakat Ganjaran, beliau untuk menjaga kestabilan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dengan dunia yang dulu dengan dunia sekarang beliau bukan hanya melakukan kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  ini di masjid saja bahkan beliau juga melakukan kegiatan ini dari di beerbagai tempat baik dari rumah kerumah yang ada di desa ganjaran maupun daerah-daerah lainnya yang ada di daerang malang selatan ini dan alhamdulillah Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  tetap berjalan dan berkembang sebgaimana yang di ingginkan oleh para Ulama’ sesepuh Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  untuk jamaah Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  di daerah Malang Selatan ini hampir 2000 jamaah yang sampai sekrang tetap mengikuti kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
2.         Jadwal Kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
Adapun jadwal kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  yang dilakukan di Desa Gnajaran Gondanglegi Malang sebagai berikut :
No
Hari
Waktu
1
Malam jum’at
Ba’da maqrib
2
Malam senin
Ba’da magrib
3
Setiap pagi
Ba’da subuh

Dari jadwal yang tertera di atas itu lah yang menjadi acuan pelaksanaan kegiatan pendidikan terhadap peningkatan kepribadian yang lebih baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  yang ada di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang. Jadawal kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  diatas peneliti peroleh dari hasil Dokumentasi yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  pada peneliti saat pengalian data yang dilakukan oleh peneliti.
3.      Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang bisa peneliti peroleh melalui teknik Observasi, hasil dari observasi yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Adapun pelaksanaan dan proses pendidikan yang di berikan oleh Guru Mursyid kepada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dilakukan dengan perencanaan yang sudah tersusun sebagaimana di atas, pelaksanaan secara terperinci tentang pendidikan yang di berikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dilakukan pada setiap malam jum’at dan malam senin setelah mahrib hal ini dilakukan di rumah masyarakat secara bergiliran yang sudah disepakati oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dan penganut TN.
 selain malam yang sudah ditentukan, juga dilaksanakan ba’da solat subuh di mana para penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) berkumpul di masjid setelah sholat berjamaan Subuh dan langsung melakukan kegiatan Haujekan dan tawejjuhan. Pelaksanaan di atas menjadi rutinitas turun- temurun dari Guru Mursyid sebelumnya hingga Guru Muryid yang ada sekarang.
Guru mursid juga menganjurkan untuk memperbanyak berzikir sirriyah dalam kehidupannya sehari-hari supaya tertanam keimanan dan kepribadian yang baik dalam diri manusia yang ada di Desa Ganjaran Gondanglegi malang.
Dari berbagai pelaksanaan yang dilakukan di atas para pengatut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dapat memiliki kepribadian yang baik dalam bersosialisasi, hal ini terlihat jelas dari berbagai kegiatan yang dilakukan setiap harinya mulai dari kegiatan yang bersifat individu dan bersama. Tidak hanya berhenti dipelaksanaan yang dilakukan untuk meningkatan kepribadian pada  penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) juga mempunya ketauhidan dan keimanan yang kuat pada Allah SWT dengan tujuan mati dalam keadaan khusnul khatimah.
4.      Strategi Pendidikan Kepribadian yang dilaksanakan Terhadap Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Strategi pendidikan kepribadian yang  dilakukan yang dilakukan di Desa Ganjaran bisa peneliti ketahui melalui Observasi, adapun hasil dari yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Strategi atau cara yang dilakukan oleh Guru Mursid untuk meningkatkan kepribadian yang baik pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ialah dengan selalu memebri arahan yang baik sebelum pelaksanaan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dilakukan. Penyampaian arahan yang dilakukan Guru Mursyid melalui ceramah atau dakwah, selain cara yg di atas Guru Mursyid juga menyarankan untuk selalu ingat kepada Allah SWT supaya tertanam keimanan dan kepribadian yang baik dari apa yang dilakukan oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Dari berbagai cara yang dilekukan oleh Guru Mursyid untuk peningkatan kepribadian yang baik pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di atas maka berbuah hasil yang baik di karenakan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bisa mengetahui bagaimana perbuatan yang baik dalam berhubungan dengan sesama baik secara vertikal atau khorizontal. Dan juga penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) merasakan ketenangan jiwa dalam dirinya dan lebih giat dalam beribadah kepada Allah SWT.   
5.      Gambaran Singkat Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Desa Ganjaran adalah Desa yang terletak di malang selatan yang berkecamatan Gondanglegi. Desa Gajaran terletak kira-kira 7 km dari kecamatan Gondanglegi. Desa Ganjaran berbatasan dengan Bulupitu dari arah barat, Putukrejo dari arah utara, Boro dari arah selatan dan Putat Lor dari arah timur. adapun jumlah keseluruhan penduduk Desa Ganjaran sekitar 8,325 jiwa, hal ini bisa di peroleh oleh peneliti melaliu pengamatan observasi yang dilakukan oleh peneliti di Desa Ganjaran.
Desa Ganjaran ke kantor kecamatan bisa di tembuh dengan jarak sekita 7 km, dan lama perjalan tempuh dari Ganjaran ke Gongdanglegi sekitar 45 km, Desa Ganjaran juga terkenal dengan desa ilmu dikarnakan desa Ganjaran terdapat beberapa pesantren dan lembaga pendidikan yang dijadikan tempat pengajaran terhadap anak-anak masyarakat yang ada di Desa Ganjaran.
6.      Silsilah Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
Adapun tokoh-tokoh Musyid TN dari malaikat Jibril hingga sekarang maka peneliti bisa menguraikan sebagai berikut:
وبجا ه سيد نا جبر يل عليه السلام            وبجا ه سيد نا محمد عليه السلام
وبجا ه سيخنا ابى بكر الصد يق               وبجا ه سيخنا شيخ سلمان الفارسى
وبجا ه سيخنا قا سم من نجل الصد يق        وبجا ه سيخنا شيخ جعفا ر الصا د ق
وبجا ه سيخنا ابى يزيد البسطا مى                        وبجا ه سيخنا ابى حسن الخر قا نى
وبجا ه سيخنا ابى على الفر مادى              وبجا ه سيخنا ابى يعقوب الهمد انى
وبجا ه سيد نا محمد عليه السلام               وبجا ه سيخنا حضر عليه السلام
وبجا ه سيخنا عبد الخالق الغجد وانى         وبجا ه سيخنا عا رف الريو كري
وبجا ه سيخنا محمود الانجير فغنوي         وبجا ه سيخنا على ابن الر ميتانى
وبجا ه سيخنا بابا السما سى                    وبجا ه سيخنا سيخنا امير كلال
وبجا ه سيخنا بهاء الدين انقشبندى             وبجا ه سيخنا علاء الدين العطارى
وبجا ه سيخنا محمد الزاهدى                   وبجا ه سيخنا سيخنا درويش محمد
وبجا ه سيخنا خوجكى الامكنكى               وبجا ه سيخنا محمد الباق بالله
وبجا ه سيخنا احمد فا رقى السر هندى       وبجا ه سيخنا معصوم الاحمد
وبجا ه سيخنا سيف الدين الاحمد              وبجا ه سيخنا نور محمد البد وانى
وبجا ه سيخنا حبيبا الله جا ن جنى                        وبجا ه سيخنا عبد الله الد هلوى
وبجا ه سيخنا ابى سعيد الا حمدى             وبجا ه سيخنا احمد مظهرى الا حمدى
وبجا ه سيخنا عبد الحميد الشر وانى          وبجا ه سيخنا سيد صالح الزواوى
وبجا ه سيخنا سيخنا عبد العظيم               وبجا ه سيخنا سيخنا زين الغابدين
وبجا ه سيخنا سيخنا حسن جزولى                       وبجا ه سيخنا سيخنا محمد صا لح
وبجا ه سيخنا احمد شبروى الفر جانى       وبجا ه سيخنا سيخنا حسن بسونى
وبجا ه سيخنا سيخناسراج الدين               وبجا ه سيخنا سيخنا فتح البارى
وبجا ه سيخنا سيخنا شمس الدين              وبجا ه سيخنا سيخنا احمد ماوردى
وبجا ه سيخنا سيخناعبد الحا فظ               وبجا ه سيخنا سيخنا محمد بخارى
وبجا ه سيخنا سيخنا زين العابد ين            وبجا ه سيخنا سيخنا زين الله
وبجا ه سيخنا سيخنا ابى العباس               وبجا ه سيخنا سيخنا اسما عيل فتح البارى
وبجا ه سيخنا سيخنا قاسم بخارى             وبجا ه سيخنا سيخنا مجتبى بخارى
Di atas ini adalah urut-urutan Guru Musrsyid TN yang ada dari malaikat Jibril sampai pada Guru mursyid yang di teliti sekrang yaitu K H Mujthaba Bukhori yang ada di Desa Gnajaran Gondanglegi Malang. Hal ini bisa peneliti ketahui melalui data Dokumentasi yang peneliti peroleh.
B.       Temuan Hasil Penelitian
1.         Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Peneliti melakukan wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang tentang Studi pendidikan kepribadian pada Penganuut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), terkai dengan pendidikan kepribadian yang di tunjukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN), beliau menyatakan bahwa:
Untuk membentuk keimanan yang sempurna dalam kehidupanya dan juga supaya memiliki ilmu pengetahuan yang baik dalam hidupnya yang nantinya akan membentuk kepribadian yang baik dalam menjalani hidupnya (LKS/W/S1/12 Januari 2016)

Dari urain di atas dapat di uraikan bahwa tujuan dari Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang terletak di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang Khususnya mengajarkan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ini untuk membentuk keimanan yang sempurna dan kepribadian yang baik dalam hidupnya. Selain hal itu Guru Mursyid juga mengajarkan tentang ilmu Kpeibadian yang baik dalam kehidupanya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau mengatakan bahwa:
Metode yang digunkan di sini untuk membentuk kepribadian pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ia itu dengan cara menyuruh menjaga hati dan mengontrol diri dengan banyak berzikir pada Allah SWT supaya bisa merasakan ketenagan jiwanya dalam menjalani hidup ini, dan juga memiliki kepribadian atau akhlaq yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan sama allah SWT. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)

Dari metode yang digunakan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) disini bertujuan untuk membentuk kepribadian atau akhlaq yang baik terhadap pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) baik hubungan dengan sesama atau dengan Allah sekali. Kenapa bisa demikian karena metode yang digunakan bertujuan yang baik terhadap pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) nantinya.
Dari hasil jawaban di atas maka dapat diuraikan bahwa tujuan dari pengunaan metode yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat baik terhadap pembentikan kepribadian atau akhlaq bagi pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Ya melalui media ceramah mas. Melalui pengarahan dan sebagainya tentang sebenarnya bagaimana cara orang hidup di dunia ini supaya nanti hidupnya di akhirat nyaman dan mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari hasil wawancara tersebut maka dapat diuraikan bahwa media yang digunakan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah media ceramah yang berisi tentan arahan-arahan yang baik dalam kehidupannya kelak di akhirat dengan dengan hal ini maka kepribadian pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) akan baik.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Dengan banyak berzikir dalam sehari-harinya dan juga di bantu dengan hoyekan dan tawajjuhan dalam pengamalan ini. Yang mana isi dari hoyakan dan tawajjuhan ini adalah zikir sirriyah pada Allah SWT mas. Ketika ini di ulah-ulang dalam sehari-harinya maka akan terbentuklah kepribadian yang baik pada penganut TN mas. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari hasil wawancara ditas maka dapat diuraikan bahwa pengamalan dalam Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah Zikir sirriah pada Allah SWT yang mana tujuan dari zikir ini akan membentuk kepribadian yang baik bagi pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Mencermatin hasil wawancara di atas yang mempunya tujuan, metode media dan pengamalan yang baik untuk membentuk pendidikan kepribadian yang baik terhadap pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  maka perlu kami uraikan hasil beberapa wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). pendidikan kepribadian pada Penganuut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), terkai dengan pendidikan kepribadian yang di tunjukan oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), wawan cara pertama beliau menyatakan bahwa:
Tujuan utama adalah menguatkan iman dan taqwa dua supaya selamat dunia akhirat dan supaya mempunyai tujuan yang mulia dalam menjalani hidup ini mas. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara yang pertama di atas maka dapat di uraikan tujuan mengikti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  ini untuk memperkuat taqwa dan iman pada Allah SWT dan  mempunyai tujuan yang mulia dalam menjalni hidup di dunia.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  itu ialah untuk menjaga waktu supaya tidak habis dengan sia-sia dan juga untuk mengontrol diri dalam menjaga keiman kita mas dan juga dari hal ini supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam hidup ini mas. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diurakan bahwa metode yang diberikan Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian pada pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  hal ini terlihat dari keinginannya untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang sudah ada dan mempunya keinginan hidup yang baik dalam dunia ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Media yang digunakan ialah melalui media ceramah yang diberikan pada kami yang berisi tentang arahan yang baik supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam menjalani hidup ini mas. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa media ceramah yang diberikan Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  sangat berpengaruh hal ini terlihat dari kepribadian keinginan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) untuk menjadi orang yang baik dalam menjalani hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Pengamalan yang diberikan pada kami untuk membentuk kepribadian kami melalui memperbanyak berzikir dan membaca sholawat dalam kesehari-harian kami supaya semakin kuat keimanan yang kami milki. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas maka dapat diuraikan bahwa pengamal yang di berikan oleh Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN) pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berpengaruh hal ini terlihat dari kepribadian pengikut tarekah untuk memper kuat keimananya melalui zikir sirriah yang di ajarkan oleh Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang kedua beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya untuk menguatkan iman dan taqwa saya dalam menjalankan hidup saya di dunia ini mas dan juga saya dalam menjalani hidup ini supaya mendapat kenyamanan kelak di akhirat nanti. (LKS/W/S3/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa tujuan dari pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah ingin meperkuat iman dan taqwanya dan supaya mendapatkan kenyamanan kelak nanti di akhirat. Hal ini sama dengan tujuan yang diinginkan oleh Guru Mursyd terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikan pada saya itu ialah. Untuk selalu mengontrol diri dan menjaga waktu sebaik-baiknya supaya waktu yang saya jalani tidak habis sia-sia dengan mengingat Allah SWT. Hal itu bisa membentuk  kepribadian saya yang baik dalam diri ini mas. (LKS/W/S3/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara ini dapat diuraikan bahwa metode yang diberikan oleh Guru Mursyd pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berpengaruh terhadap kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dengan terlihat ya kepribadian yang baik dalam diri penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Melalui ceramah media yang diberikan pada saya mas. Dari siraman rohani itu tujuannya supaya terbentuk kepribadian yang baik tehadap diri saya selaku pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) mas dan hal itu berhasil yang saya rasakan mas kenapa demikian karena saya memiliki kepribadian atau aklaq yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan sama Allah SWT. (LKS/W/S/17 Januari 2016).
Dari wawancara di atas maka dapat diuraikan media yang diberikan oleh Guru Thariqah Naqsyabandiyah (TN) pada pengnut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berhasil dan berpemgaruh terhadap pembentukan kepribadiannya hal ini terlihat dari kepribadiannya yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan sama Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Kalau pengamalan yang di berikan pada saya itu ma ialah. Zikir mas baik zikir ketika tawajjuhan atau zikir di luar itu tujuannya apa supaya saya mempunyai kepribadian yang baik dalam diri ini dan hal itu sangat bisa saya rasakan bahwa kepribadian atau aklaq saya sekarang baik dari pada sebelumnya. (LKS/W/S3/17 Januari 2016).
       Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa amalan yang diberikan oleh Guru Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang berupa zikir Pada pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat baik dan berhasil terhadap pembentukan pendidikan kepribadian pada pengikut TN hal ini terlihat dari pengakuan penganut Thariqah bahwa dia bisa merasakan mempunya kepribadian yang baik dari pada seblemum mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang ketiga beliau menyatakan bahwa:
Ingin menambah keyakinan pada Allah, melatih diri untuk menjadi orang yang baik dan menambahkan keimanan kita pada Allah, menenangkan hati serta mengharapkan akhir hidup menjadi khusnul khotimah. (LKS/W/S4/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bawha tujuan dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah untuk menambah keyakinannya pada Allah, menambahkan keimanan dan menjadi orang yang lebih baik dan mendapatkan imbalan yang baik nanti di akhirat. Melihat realita peryataan di atas maka kepribadian dan keingin untuk mendekatkan diri dan mempunya akhlaq yang baik sangat antusias yang di lakukan oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Yang berkesan dari saya metode yang dilakukan oleh beliau selalu menasehati untuk selalu mengistiqomahkan zikir dan mengunakan waktu sebaik-baiknya dan dari metode yang beliau berikan pada kami maka kami bisa sadar sebenarnya cara kita untuk bersosial yang baik dengan sesama dan juga dengan Allah SWT. (LKS/W/S4/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa metode yang diberikan oleh Guru Mursyid terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangan berpengaruh terhadap peningkatan pendidikan kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) hal ini terlihat dari keinginan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) mengetahui cara yang baik dalam berinteraksi sosial yang baik dengan sesama maupun dengan Allah SWT.  
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Melalui media ceramah dengan memberikan arahan yang berkesan baik pada kami yang tujuannya untuk kebaikan kita nantinya, dengan arahan beliau tenangkan hati dengan mengingat Allah, supaya saya memiliki ahlaq yang baik di dunia ini mas. (LKS/W/S/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa media ceramah yang di lakukan oleh Guru Mursyid sangat baik karena pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) berkeinginan untuk memilik kepribadian dan ahlaq yang baik hidup di dunia ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Kalau amalan yang diberikan pada kami ialah melalui zikir yang di anjurkan oleh beliau dalam hidup kami sehari-hari mas. Tapi yang paling utama dalam TN ialah zikir sirriah yang dilakukan dalam hati mas. (LKS/W/S4/17 Januari 2016).
Dari wawancara di atas dapat diuraikan bahwa amalan yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berkesan baik dalam pembentukan kepribadian penganut TN melalui zikir yang dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari ini lah yang bisa membentuk pendidikan terhadap pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di sini ini. Dan hal ini sangatlah baik yang di lakukan oleh Guru Mursyid karena malaui zikir pengikutnya bisa tau mana yang baik dan yang buruk untuk ia lakukan.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang keempat beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya mengikuti TN ini ingin mendekatkan diri pada Allah, serta membentuk kepribadian yang lebih baik dari pada sebelumnya dan juga untuk mendekatkan diri pada ajaran-ajaran yang menuntun  kita untuk lebih baik. (LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa tujuan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ialah untuk mendekatkan diri pada Allah, membentuk kepribadian yang lebih baik serta untuk mendapatkan pendidikan yang baik dari Guru Mursyid guna untuk bisa hidup dengan baik di kemudian hari.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikanpada kami yaitu Guru menyuruh kita untuk menjaga hati dalam kehidupan sehari-hari. (LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa metode yang diberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) berpengaruh terhadap pembentukan kepribadin yang baik terhadap penganutnya tidah heran lagi kalau penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) memiliki kepribadian yang baik hal itu memang sudah di atur dan menjadi tujuan dari Guru Muursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Media yang diberikan ialah media ceramah yang berisi tentang tujuan hidup yang lebih baik yang menghasilkan kepribadian yang baik dalam hidup saya. (LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas dapat diuraikan bahwa media yang diberikan oleh Guru Musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk kepribadian yang baik terhadapt Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berhasil karena penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  mempunyai keinginak untuk memperbaiki kehidupanya dalan menjali hidup ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Amalan yang diberikan pada kami dengan memperbanyak zikir pada Allah baik zikir jehriyah atau zikir sirriah yang merupakan ketentuan dalam zikir dalam Thariqah Naqsyabandiyah (TN) guna membentuk kepribadian yang baik terhadapat diri dan saya rasakan memang hal itu berhasil kami bisa mengatahui bagaimana  berakhlaq yang baik dan buruk dalam hidup kami. (LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Darai hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa amalam yang melalui zikir sirriah atai zikir jahriyah memang bisa membawa pada kepribadian yang baik dalam kehidupan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) hal ini bisa di lihat dari cara prilaku kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang baik dalam kehidupannya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang kelima beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya mengikuti Thariqah ini mas untuk meningkatkan ukhwah keimanan saya dan juga untuk mendekatkan diri pada Allah supaya saya memiliki keimanan yang kuat. (LKS/W/S6/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas  maka dapat diuraikan tujuan dari berbagai orang pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sama dengan Guru Mursid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bahwa tujuannya untuk mendekatkan diri pada Allah dan meperkuat keimanan yang di miliki supaya nanti di akhirat mendapatkan tempat yang mulia.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikan pada saya beliau selalu berpesan untuk tidak melalaikan waktu untuk selalu berzikir suapaya kami memiliki kepribadian yang tenang dan sabar dalam menghadapi maslah dan hal itu memang benar bisa saya rasakan saat ini mas. (LKS/W/S6/18 Januari 2016).
Dari hasil wawan cara di atas maka dapat diuraikan bahwa metode yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) terhadap pengikut yang berasil dan suskse kenapa demikian karena pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bisa meraskan kenyamanan jiwa dalam menjalni hidupnya. Dan untuk merasakan demikian itu tidak gampang butuh metode yang baik suapaya bisa dilakukan oleh pengikutnya dan memberi dampak dan hasil yang baik terhadap pengikutnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Media yang digunakan ceramah mas atau dakwah yang berisi wasiat-wasiat yang baik tujuannya membentuk kepribadian yang baik dan akhlaq yang baik pada kami mas, hal ini berhasil mas karena saya bisa bersosial dengan baik dengan mahluq Allah bakan dengan Allah juga yang saya rasakan. (LKS/W/S6/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa media yang di lakukan untuk membentuk kepribadian pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dikatakan berhasil karena dari media tersebut tersentuhlah hati para pengikut untuk mempunyai kepribadian atau akhlaq yang baik terhadap penganutnya baik kehidupan duniawi atu ukhrowi.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)beliau menyatakan bahwa:
Pengamalannya zikir sirriyah mas untuk menyatukan hati kepada Allah ketika sudah menyatu maka jiwa kita akan tenang dan otomatis kepribadian kita akan baik maz. (LKS/W/S6/18 Januari 2016).
Dari hasil wawaancara di atas maka dapat diuraikan bahwa zikir yang diberikan itu bisa membentuk kepribadian yang baik kenapa demikian terlihat dari jiwa yang tenang dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ketika menjalani hidupnya sehari-hari.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang keenambeliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya untuk mendekatkan diri pada Allah dan menambah keimanan beserta ketauhidan pada diri saya mas. (LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas tujuan dasar pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ialah mendekatkan diri pada Allah dan menambah keimanan beserta ktauhitan diri pada Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikan beliau selalu berpesan untuk menjaga diri sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari supaya apa yang sudah dilakukan tidak habis dengan sia-sia. (LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasi wawancara di atas dapat diuraykan bahwa metode yang dilakukan Guru Murstid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk pendidikan kepribadian pada penganutnya berhasil karena mera bisa menjaga apa-apa yang sudah di pesankan oleh Guru Thariqahnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Mauidhotul hasanah menyuruh agar kita semakin dekat pada Allah supaya memiliki akhlaq dan kepribadian yang baik dalam hidup kita mas. (LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa media yang deberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berhasil sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh Guru Mursyid TN hal ini bisa terlihat dari kemauan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk akhlaq dan kepribadian yang bail dalam hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Zikir hati agar hati agar hati kita senantiasa mengingat pada Allah SWT. Tujuannya suapaya kami memiliki kepribadian yang dalam agama maupun sosial mas. (LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa pengamalan yang diberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) berhasil hal ini terlihat dari keinginan Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)untuk memperbaiki kehidupannya dalam beragama maupun dalam bersosia. Hal ini menjadi tujuan utama bagi Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam memberi pendidikan yag bertujuan unruk membentuk Akhlaqul Karimah yang baik dalam kehidupan.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) yang ketujuh beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya untuk memperdalam ketauhitan dan keiman saya pada allah mas. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa tujuan yang utama penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah untuk menambah ketauhidan dan keimanan manusia dalam menjali hidupnya dan hal ini sangat pas sekalai dengan tujuan Guru Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bahwa dia mengajarkan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ini bertujuan untuk membentuk keimanan dan ketauhidan yang kuat dalam diri manusia yang mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Metode yang beliau lakukan selalu berpesan untuk selalu melakukan sholat berjama’ah dan puasa sanin kamis tujuannya untuk terbentuknya kepribadian yang sangat baik dan mulia di mata masyarakat maupun di sisi Allah SWT. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara tersebut bisa diuraikan bahwa metode arahan yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  terhadap penganutnya sangat mendapatkan respon yang baik dari sang penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  kenapa demikian karena penganut selalu mengingat pesan yang Guru berikan dan menerapkan apa yang telah di pesankan tujuan apa hanya untuk mempunya kepribadian yang baik dalam kehidupan masyarakat dan di sisi Allah SWT. 
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Media yang diberikan itu ceramas mas. Yang berisi arahan suapaya kita senantiasa selalu mendekatkan diri pada Allah supaya kita mempunya akhlaq yang baik mas, dan hal ini sangat berguna dan bisa kami lakukan karena ini demi kebaikan hidup kami mas. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa media yang diterapkan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangan membangun kepribadiab manusia dalam berprilaku yang baik dalam kehidupannya hal ini bisa terlihat dari kesukarelaanya pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk melakukan hal-hal  yang di anjurkan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Pengamalannya adalah zikir sirriah yang bertujun untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Zikir sirriah itu zikir hati mas yang memang tradisi zikir dalam Thariqah Naqsyabandiyah (TN). Dan memang zikir ini bisa membentuk kepribadian yang baik terhadap kami dalam menjalankan hidup mas. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikna bahwa pengamalan-pengamalan yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangat membantu dalam membentuk Kepribadian Masyarakat hal ini bisa terlihat dari pengakuan penganut bahwa zikir ini memang sangat membantu dalm membentuk Kepribadian hidup di dunia ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang kedelapan beliau menyatakan bahwa:
Tujuan utama adalah mendekatkan diri pada Allah SWT. Tapi yang paling utama untuk belajar berzikir setiap waktu dan mengiginkan mati dalam keadaan khusnul khotimah. (LKS/W/S9 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa tujuan utama penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  adalah untuk mendekatkan diri pada Allah SWT bahkan ada yang paling utama ialah untuk belajar berzikir setiap waktu supaya mendapatkan kematian yang khusnul khotimah.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Dengan cara suri tauladan yang baik dalam akhwal dan hal dalam kehidupan setiap harinya tujuannya supaya memiliki kepribadian yang baik ketika melakukan ini teraksi dengan kami selaku penganut TNdan hal ini menjadi daaya tarik untuk kami untuk memiliki kepribadian dan akhlaq yang muliah seperti beliu. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas apa yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangat memberi rangsangan yang kuat untuk pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk meiliki kepribadian yang sama dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Media yang diberikan itu media ceramah, yang berisi tentang pengarahan yang baik supaya terbentuk kepribadian yang dalam bersosial  dengan sema ata upun dengan Allah SWT. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa media yang diberikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).. Hal ini bisa terlihat dari keinginak penganut untuk memperbaiki diri dengan lebih baik dalam hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Pegamalan melalui zikir sirriah mas yang bisa dilakukan setiap hari dari zikir ini berdampak baii terhadap kepribadian saya maz. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa pengamalan yang diberikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangat berpengaruh hal ini bisa terlihat dari hal yang dirasakan oleh pengikut Thariqah bahwa melui zikir ini bisa terbentuk kepribadian yang baik terhadap dirinya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang kesembilah atau yang terakhir beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya yang utama adalah untuk menengkan diri. Menedekatkan diri pada Allah. Membentuk iman dan taqwa yang kuat pada Allah SWT. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas maka dapat diuraikan bahwa tujuan utama dari pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  adalah untuk menengkan diri dan mendekatkan diri pada Allah dan juga untuk menambahkan keimanan dan ketaqwaanya pada Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Metode yang beliau lakukan ialah beliau selalu mengingatkan kita untuk selalu mengontrol diri kita supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam diri kita mas baik dalam sosial dan agama. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa metode yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangan membantuk untuk membentuk kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).. Hal inni terlihat dari kehidupan penganut TN dalam bersosial dan berakhlaq yang mulia.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Media ceramah dengan menanamkan arahan-arahan yang positif melalui bacaan zikir tujuannya supaya bisa membentengi jamaah dalam dalam hal keimanan dan kepribadian dan hal ini sangat baik sekali untuk saya sebagai orang awan untuk membantu memiliki akhlaq yang baik di dunia ini. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa media yang di berikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). sangat berpengaruh dalam membentik kpribadian yang baik bagi penganutnya hal ini bisa trelihat dari keingina penganut dalam merubah kepribadiannya menjadi lebih baik.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Melalui zikir sirriah yang pada awalnya dan di teruskan dari inti dari cara berzikir pada Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yaitu melalui zikir sirriah dengan terus menerus menyebut lafat Allah berulang-ulang dalam hati. bila ini sudah dilakukan maka kita akan berfikir untuk melakukan hal-hal yang buruk dalam hidup ini mas. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa amalan yang diberikan oleh Guru Mursyid pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat mempunya pengaruh yang kaut dalam membentuk kepribadian yang baik dalam dirinya. Hal ini bisa terlihat dari sifat mereka dengan tidak mau melakukan hal-hal yang buruk dalam dirinya atau hala-hal yang buruk dalam bersosial dan beragama.
Dari berbagai hasil paparan data secara wawncara, observasi maupun dukumentasi di atas maka dapt di tarik benang merah bahwa tujuan, metode, media dan pegamalan yang ajarkan atau dilakukan dan diinginkan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) untuk membentuk kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dan hal ini Sangat berpengaruh dan berdampak positif terhadap pendidikan kepribadian pada pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) hal ini bisa telihat dari berbagai pengakuan dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bahwa bebrapa tujuan yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bisa merubah kehidupannya menjadi lebih baik. Baik dari segi vertikal dan horizontal yang di rasakan oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
2.      Bagaimana Strategi Pendidikan Kepribadian yang dilaksanakan Terhadap Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Strategi pendidikan kepribadian yang  dilakukan yang dilakukan di Desa Ganjaran bisa peneliti ketahui melalui Observasi, adapun hasil dari yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Strategi atau cara yang dilakukan oleh Guru Mursid untuk meningkatkan kepribadian yang baik pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ialah dengan selalu memebri arahan yang baik sebelum pelaksanaan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dilakukan. Penyampaian arahan yang dilakukan Guru Mursyid melalui ceramah atau dakwah, selain cara yg di atas Guru Mursyid juga menyarankan untuk selalu ingat kepada Allah SWT supaya tertanam keimanan dan kepribadian yang baik dari apa yang dilakukan oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Strategi atau cara dalam membentuk kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  sangan dibutuhkan karena untuk mempermudah penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk bisa tahu hal-hal yang harus dilakuna dalam membentuk kepribadiannya  yang baik dalam dirinya karena hal ini sangat menunjang dalam menuntuk arah kemana nantinya hidup sebenarnya seorang manusia apa ke jurang kekafiran apa kejurang kebaikan dan kemuliaan di sisi Allah untuk mengetahui hal tersebut maka dapat kami uraikan beberapa wawancara baik dari Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  maupun dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).. Yang berisi tentan cara, hasil dan dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Untuk wawancara yang pertama kami uraikan beberapa wawan cara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Caranya ya mengarahkan kepada jalan yang baik mas dalam hidupnya dan penenaman ketauhidan dan keimanan yang kuat dalam dirinya supaya terbentuk kepribadian yang baik sesuai dengan yang diinginkan. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
dari cara yang dilakukan oleh Guru Musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  dapat di uraykan bahwa cara yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk membentuk pendidikan kepribadian yang bauk melalui arahan yang bak dan penanam ketauhidan dan keiman dalam dirinya. Supaya apaya yang menjadi keinginan bisa tercapai dan terima dengan baik oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Berhasil mas sejauh ini saya melihat kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  kepribadiannya baik dan terarah dengan sesuai yang saya inginkan hal ini bisa saya rasakan dalam kehidupan sosial mereka baik dengan sesama dan juga dengan Allah SWT. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Keberhasil sesuatu harus sesuai dengan hal yang di inginkan oleh pengajar dan pengikut maka tidak heran seorang Guru mengatakan berhasil karena dia yang tahu dengan kondisi pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).. Dari wawan cara di atas maka dapatb disimpulkan bahwa apa yang menjadi keinginanan dari Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  berhasil dengan melihat kodisi sehari-hari dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  baiik dari sisi vertikal dan horizontal yang ia lihat.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya ya mereka bisa merasakan nyaman dan tenang dalam menjalni hidupnya kenapa demikian karena mereka mempunyai keimuan dan kepribadian yang baik dalam menjalani hidupnya. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari hasil wawancara diatas maka dapat dipapakan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ini pengikut mempunya kepribadian atau jiwa yang tenang dan nyaman dalam menjalani hidupnya ini semua karena mereka mendapatkan ajaran dari Guru Musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut untuk mengetahui kebenaran dari yang diurakan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  di atas maka perlu mengecek pengakuan dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).. Maka dari itu dapat kami paparkan beberapa wawancara dari Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  wawancara yang pertama dengan Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan pada kami untuk meningkatkan kepribadian kami itu beliau memberi arahan dan petunjuk yang baik bagi kami nantinya untuk kehidupan kami di akhirat nanti gitu aja mas. (LKS/W/S2/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapak diuraikan bahwa cara yang di berikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk meningkatkan kepribadiannya melalui arahan-arahan yang baik supaya pengikut Thariqah Mau mengikuti arahannya itu yang tujuannya untuk kebaikannya kelak di akhirat.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh saya bisa tenang dalam menjalani hidup saya biarpun dalam kehidupan saya kadang mempunyai masalah di karenakan kami punya pegangan yaitu Allah maka saya tetap tegar dalam menghadapi kehidupan kami. (LKS/W/S2/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat lihat bahwa hal yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ilah ketenangan jiwa walaupun dalam keadaan mempunya masalah dan dari hal ini lah bahwa mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  memang memperoleh apa yang di inginkan sesuai yang dikatakan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  di atas.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Dampak yang saya peroleh ketika mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ini saya merasa nyaman dalam berinteraksi dengan sesama. Sayang mempunya akhlaq atau kepribadian yang baik dan saya rasakan semakin mempunya keinginn untuk semakin memper dekatkan diri saya terus pada Allah SWT. (LKS/W/S2/ 17 Januari 2016).
Dari penjelasan wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ini ialah adalah mersa nyaman dalam berinteraksi dengan sesama karena dalam berinteraksi memiliki pengankepribadian atau akhlaq yang baik yang berpegang pada tali Allah SWT.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang kedua beliau menyatakan bahwa:
Caranya itu ya di beri arahan melalui pengarahan yang bertujuan baik dalam kehidupan saya dalam kesehari-harian yang saya jalani . (LKS/W/S3/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara ini bisa di uraikan bahwa cara yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk membentuk kepribadiannya ialah melalaui arahan yang baik untuk kehidupan di dunia ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh itu ialah ketenagan jiwa yang yang saya rasakan dalam menjalani hidup di dunia ini dan juga saya mempunya pegangan dan tujuan yang baik dalam hisup ini mas. (LKS/W/S3/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa yang di peroleh oleh pngikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  dalam membentuk kpribadiannya ialah ketengan jiwa dalam menjalani hidup di dunia ini. Ketengan jiwa dalam menjalani hidup ini sangat dibutuhkan karena tampa ketengan jiwa yang kita miliki tidak akan sempurna kehidupan yang kita jalani.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Kalau dampaknya itu saya mempunya kepribadian dan keinginan untuk selalu mendekatkan diri pada Allah supaya akhirnya saya nanti mendapatkan imbalan yang berupa surga. (LKS/W/S3/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah ini mempunya kepribadian yang baik dan keingin untuk semakin dekat pad Allah tujuannya apa supa mendapatkan surga Allah yang sudah di janjikan oleh Allah pada ummatnya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang ketiga beliau menyatakan bahwa:
Caranya mengarahkan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  dengan cara memberi arahan yang lemah lembut supaya terbentuk keingan yang kuat untuk membentuk kepribadian yang baik pada dirinya. (LKS/W/S4/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa cara guru untuk membentuk kepribadian pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ilah dengan cara memberi arahan yang sopan atau lembut dalam penyampaiannya supaya timbullah keinginan yang kuat dari dalam diri penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk mebentuk kepribadian yang baik di dunia ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Banyak sekali diantaranya ketenagn diri, menambah keyakinan dalam meningkatkan diri pada allah mampu mengendalikan diri keistiqomahan dalam beribada pada Allah SWT. (LKS/W/S4/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa hal yang di peroleh dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  penganut Thariqah memiliki kepribadian ketenangan jiwa menambah keyakinan dalam meningkatkan diri pada Allah dan lebih istiqomah dalam hal beribadah dan hal ini sangat baik terhadap kehiudpan manusia karena ini lah yang dibutuh oleh orang yang hidup di muka bumi ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya kurang minat dalam kehidupan duniawi dan juga saya mempunya kepribadian yang nyaman dan tenang dalam mengahadapi cobaan. (LKS/W/S4/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  mereka memiliki kepribadian yang tidak begitu senang akan duniawi dari pada sengan akan akhirat dan juga mereka memiliki jiwa yang nayaman dan tenang dalam menjalani hidup ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang keempat beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan pada kami untuk membentuk kepribadian kita itu melalui penanaman ketauhidan atau keimanan pada diri kita tujuannya apa supaya mempunya kepribadian yang baik. (LKS/W/S5/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diata maka dapat diuraikan bahwa cara yang lakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk membentuk kepribadian penganutnya melalui penanaman ketauhidan dan keimann yang baik supaya timbuk kepribadian yang bai dalam dirinya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh saya bisa menenangkan jiwa kita ketika di timpah masalah atau musibah karena semua itu hal yang sudah takdir Allah SWT. (LKS/W/S5/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat di simpulkan bahwa yang di peroleh oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ini bisa memiliki kepribadian yang pasrah pada Allah ketika dia dalam keadaan di timpa musibah karena kenapa demikian karena semua itu sudah kehendak Allah.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Dampak pada saya lebih semangat lagi dalam mendekatkan diri pada Allah. Gunu untuk kebaikan diri kita sendiri dan terbentuk akhlaq yang baik mas. (LKS/W/S5/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak yang diproleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ilah lebih semgat dalam memdekatkan diri pada Allah supaya apa terbentuk akhlaq yang baik di dunia ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang kelima beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan arahan yang baik dan tujuan yang baik untuk kehidupan saya mas contoh di suruh selalu ingat pada Allah dan ini arahan yang baikbagi saya dan lain-lain. (LKS/W/S6/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa cara Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  dalam membentuk kepribadian penganutnya melalui pengarahan yang baik supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam diri seperti yang di raskan oleh panganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  di atas.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh saya mendapatkan kepribadian yang baik dan ketenagan jiwa dalamkhisupan saya mas. (LKS/W/S6/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  memperoleh kepribadian yang baik dan ketengan jiwa dalam dirinya
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya semakin semangat untuk beribadah dan mendekatkan diri saya pada allah itu saja mas. (LKS/W/S6/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  pengikut TN bisa lebih semangat untuk beribadah dan mendekatk diri pada Allah SWT.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). yang keenam beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan untuk membentuk kepribadian yang baik itu beliau selaluh mengarahkan kita untuk selalu berpegang pada tali Allah dan untuk selalu ingat pada Allah Mas. (LKS/W/S7/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa cara yang di berikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  untuk terbentuk kepribadian yang baik melalui pengarahan yang baik baik dianjurkan untuk ingat selalau pada Allah atau selalu berpegang pada tali Allah dalam menjali hidup ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh merasakan jiwa yang tenang dan kepribadian yang baik. (LKS/W/S7/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas maka dapat diuraikan bahwa yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  mengikuti TN ini ialah ketenagan jiwa dan kepribadian yang baik dalam menjalani kehidupanya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut TN beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya semakin mempunyai keinginan kuat untuk mendekatkan diri pada Allah dan mempunya kepribadian yang ikhlas dalam beribadah. (LKS/W/S7/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak yang di peroleh melalui mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ini penganutnya bisa memiliki keinginan kuat untuk mendekatkan diri pada Allah dan mempunyai rasa yang Ikhlas dalam beribadah.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang ketujuh beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan pada saya itu mas dengan memberikan arahan yang baik ketika arahan itu baik maka otomatis kepribadian yang kita miliki akan baik mas. (LKS/W/S8/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa cara yang di lakukan guru musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). dalam membentuk kepribadian yang baik pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  melalui arahan yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh itu saya mempunya kepribadian yang tenag dalam hati di karenakan saya sudah tau manfaat dalam zikir itu membuat kita pada ketenangan. (LKS/W/S8/ 20 Januari 2016).
Dari hasi wawancara di atas maka dapat di tarik kesimpulan bahwa yang di peroleh dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  ini ialah ketenagan jiwa yang dilakukan dengan cara banyak berzikir dalam menjalani hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya lebih giat untuk beribadah dan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT mas. (LKS/W/S8/ 20 Januari 2016).
Dari uraian di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)   ini ialah lebih giat dalam beribadah dan mendekatkan diri pada Allah. Dan memang hal ini yang di inginkan oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dalam membentuk kepribadian yang baik dalam dunia ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  yang kedelapan beliau menyatakan bahwa:
Ya kalau cara membentuk kepribadian bagi pengikut itu mas ya arahan yang baik yang harus kami lakukan dalam kehidupan saya mas. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa cara yang dilakukan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  untuk memebentuk Kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  melalui arahan yang baik sesuai dengan yang ia inginkan supaya dalam menjalani arahan ini tidak terjadi paksaaan melainkan keikhlasan yang akan menimbulkan kepribadian yang baik dalam diri penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh adalah ketenangan jiwa karena selalu ada di bawah naungan bimbingan Guru Mursyid Thariqah dan apabila kita kita menanamkan nilai kecintaan pada Guru maka kita akan ketetsan cahaya Fiad. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat disimpulakan bahwa yang di peroleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dalam mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  ilah ketengan jiwa melalui menanamkan nilai-nilai kecintaan pada Guru Musryid Thariqah dan dari itu tujuannya apa supaya mendapat cahaya yang baik dalam menenrangidirinya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya pada saya semakin semagat dalam beribadah dan melaksanakan ritual riadhoh dalam melaksanakan Tahriqah dan melanjutkan pada jenjang berikutnya. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diraikan bahwa dampak yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dalam membentuk kepribadiannya ialah semakin semangat dalam beribadah dan dapat melakansakan ritual dalam Thariqah dan mempunyai keinginan untuk melanjutkan keimanan pada jenjang berikutnya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).  yang terakhir atau yang kesembilan beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan melalui sentuhan-sentuhan hati melalui ceramahan atau arahan-arahan yang baik dalam membetuk akhlaq yang baik pada diri kita, memantapkan ketauhidan dan keimanan kita. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahaw hal yang dilakukan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dalam membentuk kepribadian yang baik terhadap pengikutnya melalui sentuhan-sentuhan ceramah dalam hatinya memberi petunjuk yang baik dan juga melakukan penanaman ketauhidan dan keimanan dalam diri pengukut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh hati saya menjadi tenang dan kenyamanan dalm bersosial anata makhluk dan sang kholik. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancra diatas maka dapat di lihat bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  pengikutnya bisa memiliki ketennagan jida dan kenyamanan dalam bersosial dengan sesama dan juga dengan Allah dan hal ini sangat baik selaki untuk di peroleh oleh seorang penganut supaya kenapa bisa terarah dalam menjalani hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya bisa mengiatkan amalan-amalan yang positif seperti banyak berzikir dan mendekatkan diri pada Allah dan selalu sengan dalam melakukan hal kebaikan. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan bahwa dampak yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)   ialah bisa mengamalkan amalan-amalan yang bersifat fositif  memperbanyak berzikir supaya semakin dekat pada Allah dan hal ini yang di peroleh oleh Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dalam mengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Dari berbagai hasil paparan data wawancara maupun observasi di atas maka dapat dipaparkan temuan sangat baik dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  maupun dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  bisa di tarik benang merah bahwa apa-pa saja yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  untuk membentuk kepribadian pengikutnya itu sangat berpengaruh dan berhasil di peroleh oleh seorang penganut untuk membentuk kepribadin dan akhlaq yang baik dalam menjalani hidup di muka bumi ini semua itu untuk tujuannya hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT dalam menjalani hidup di muka bumi ini dan mendapatkan suega Alla SWT ketika sudah meningal nanti.
Berdasrkan temuan penelitian di atas,maka dapat di simpulkan temuan penelitian yang diuraikan dalam tabel berikut :
Tabel 4.1 Temuan Hasil Penelitian
No
Fokus Penelitian
Temuan Hasil Penelitian
1
Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
a.       Hasil bagi Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  dapat memperdalam ketauhitan dan keimanan dalam dirinya pada Allah
b.      Mendapatkan ketenagan jiwa dalam menghadapi masalah
c.       Mendapatkan kepribadian yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan dengan Allah.
d.      Memdapatkan pendidikan yang baik

2
Bagaimana Strategi Pendidikan Kepribadian yang dilaksanakan Terhadap Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
a.    Dari strategi yang di berikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  penganut bisa memiliki keimanan yang kuat terdapat Allah SWT.
b.    Arahan yang diberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) penganut bisa memperoleh ketengan jiwa, kenyaman jiwa dana keilhkasan dalam melaksanakn ibadah pada allah dan juga memiliki kepribadian atau akhlaq yang baikdalam besosial.
c.    Petunjkan untuk mengontrol hati penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). Pengikut bisa memperoleh dampak yag baik dalam mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)  contohnya meningktkan keimanan dirinya pada Allah dan mempunya keinginan yang kuat untuk melanjutkan keimanan pada tingkat selanjtnya.

0 Komentar "Studi pendidikan kepribadian pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang BAB IV"

Back To Top