BAB IV
PAPARAN DATA DAN TEMUAN HASIL PENELITIAN
A. Paparan Data
1.
Sejarah
Berdirinya Thariqah Naqsybandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi
Malang
Berdasarkan hasil Dokumentasi
yang peneliti peroleh maka bisa memaparkan sejarah Berdirinya Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang sebagai berikut. Awal
masuknya TN di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang perkiraan ialah pada tahun 1945
pada tahun ini lah Thariqah Naqsyabandiyah (TN) mulai masuk ke Desa Ganjaran Gondanglegi
Malang yang awalnya di plopori oleh tiga masyaikh Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Pertama K H Syamsuddin dari madura sampang. Kedua K H Fathul Bahri dari ampul
tambelanggan. Ketiga K H Sirajuddin sampang. Dan ketiga ulamak ini lah yang
melopori Thariqah Naqsyabandiyah pertama kali di Desa Ganjaran
Gondalegi Malang. Sebelum TN masuk ke Desa Ganjarang Gondanglegi Malang
ada tarekat lain yang memang di anut oleh masyarakat Ganjaran Ya itu Thariqah
Qodiriyah bukan Thariqah Naqsyabandiyah (TN), tetapi dengan
berjalannya waktu dan dengan kerja kerasnya bara ulama’ dalam mejalankan agama
Allah lambat laun masyarakat bisa menerima dengan baik bahkan bisa dikatakan TN
adalah tarekat yang sudah di anut oleh masyarakat Ganjaran Gondanglegi
Malang bukan Thariqah Qodiriyah lagi. Ketika para Ulama’ yang di
atas sudah meninggal dunia maka TN ini di lanjutkan oleh masyaik yang lain di
antaranya: K H Bukhori adik dari K H Fathul Bahri Sampang Madura, putra dari K H Ismail Madura, setelah
K H Bukhori wafat maka di lanjutkan oleh putra-putra beliau yang juga mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) diantara
putra-putra beliau yang mursid tarekat naqsabandiyyah iayalah K H Mujtaba
Bukhori, K H Qosim Bukhori, K H Zainullah Bukhori, K H Abdul Abbas Bukhori,
sekrang yang masih ada guru mursyid TN di Desa Ganjaran Gondanglegi
Malang hanya tinggal K H Mujtaba Bukhori beliaulah yang sekarang yang berjuang
untuk tatap menegakkan kalimat ketauhidan kedalam diri masyarakat Ganjaran, beliau
untuk menjaga kestabilan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dengan dunia yang dulu dengan dunia sekarang
beliau bukan hanya melakukan kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ini di masjid saja bahkan beliau juga
melakukan kegiatan ini dari di beerbagai tempat baik dari rumah kerumah yang
ada di desa ganjaran maupun daerah-daerah lainnya yang ada di daerang malang
selatan ini dan alhamdulillah Thariqah Naqsyabandiyah (TN) tetap berjalan dan berkembang sebgaimana
yang di ingginkan oleh para Ulama’ sesepuh Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
untuk jamaah Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
di daerah Malang Selatan ini hampir 2000
jamaah yang sampai sekrang tetap mengikuti kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
2.
Jadwal
Kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
Adapun jadwal kegiatan Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang
dilakukan di Desa Gnajaran Gondanglegi Malang sebagai berikut :
|
No
|
Hari
|
Waktu
|
|
1
|
Malam jum’at
|
Ba’da maqrib
|
|
2
|
Malam senin
|
Ba’da magrib
|
|
3
|
Setiap pagi
|
Ba’da subuh
|
Dari jadwal yang
tertera di atas itu lah yang menjadi acuan pelaksanaan kegiatan pendidikan
terhadap peningkatan kepribadian yang lebih baik terhadap penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang ada di Desa
Ganjaran Gondanglegi Malang. Jadawal kegiatan Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
diatas peneliti peroleh dari hasil
Dokumentasi yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
pada peneliti saat pengalian data yang
dilakukan oleh peneliti.
3. Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran
Gondanglegi Malang
Pelaksanaan Pendidikan
Kepribadian Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang bisa
peneliti peroleh melalui teknik Observasi, hasil dari observasi yang peneliti
lakukan adalah sebagai berikut: Adapun pelaksanaan dan proses pendidikan yang
di berikan oleh Guru Mursyid kepada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
dilakukan dengan perencanaan yang sudah
tersusun sebagaimana di atas, pelaksanaan secara terperinci tentang pendidikan
yang di berikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dilakukan
pada setiap malam jum’at dan malam senin setelah mahrib hal ini dilakukan di
rumah masyarakat secara bergiliran yang sudah disepakati oleh Guru Mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) dan penganut TN.
selain malam yang sudah ditentukan, juga
dilaksanakan ba’da solat subuh di mana para penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) berkumpul di masjid setelah sholat berjamaan Subuh dan
langsung melakukan kegiatan Haujekan dan tawejjuhan. Pelaksanaan di atas
menjadi rutinitas turun- temurun dari Guru Mursyid sebelumnya hingga Guru
Muryid yang ada sekarang.
Guru mursid juga
menganjurkan untuk memperbanyak berzikir sirriyah dalam kehidupannya
sehari-hari supaya tertanam keimanan dan kepribadian yang baik dalam diri
manusia yang ada di Desa Ganjaran Gondanglegi malang.
Dari berbagai pelaksanaan
yang dilakukan di atas para pengatut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dapat
memiliki kepribadian yang baik dalam bersosialisasi, hal ini terlihat jelas
dari berbagai kegiatan yang dilakukan setiap harinya mulai dari kegiatan yang
bersifat individu dan bersama. Tidak hanya berhenti dipelaksanaan yang
dilakukan untuk meningkatan kepribadian pada
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) juga mempunya ketauhidan dan keimanan yang kuat pada
Allah SWT dengan tujuan mati dalam keadaan khusnul khatimah.
4. Strategi Pendidikan Kepribadian yang dilaksanakan
Terhadap Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran
Gondanglegi Malang
Strategi pendidikan
kepribadian yang dilakukan yang
dilakukan di Desa Ganjaran bisa peneliti ketahui melalui Observasi, adapun
hasil dari yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Strategi atau cara
yang dilakukan oleh Guru Mursid untuk meningkatkan kepribadian yang baik pada
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ialah dengan selalu memebri arahan
yang baik sebelum pelaksanaan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dilakukan.
Penyampaian arahan yang dilakukan Guru Mursyid melalui ceramah atau dakwah, selain
cara yg di atas Guru Mursyid juga menyarankan untuk selalu ingat kepada Allah
SWT supaya tertanam keimanan dan kepribadian yang baik dari apa yang dilakukan
oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Dari berbagai cara yang
dilekukan oleh Guru Mursyid untuk peningkatan kepribadian yang baik pada
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di atas maka berbuah hasil yang
baik di karenakan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bisa mengetahui
bagaimana perbuatan yang baik dalam berhubungan dengan sesama baik secara
vertikal atau khorizontal. Dan juga penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
merasakan ketenangan jiwa dalam dirinya dan lebih giat dalam beribadah kepada
Allah SWT.
5. Gambaran Singkat Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Desa Ganjaran adalah Desa
yang terletak di malang selatan yang berkecamatan Gondanglegi. Desa Gajaran
terletak kira-kira 7 km dari kecamatan Gondanglegi. Desa Ganjaran berbatasan
dengan Bulupitu dari arah barat, Putukrejo dari arah utara, Boro dari arah
selatan dan Putat Lor dari arah timur. adapun jumlah keseluruhan penduduk Desa
Ganjaran sekitar 8,325 jiwa, hal ini bisa di peroleh oleh peneliti melaliu pengamatan
observasi yang dilakukan oleh peneliti di Desa Ganjaran.
Desa Ganjaran ke kantor
kecamatan bisa di tembuh dengan jarak sekita 7 km, dan lama perjalan tempuh
dari Ganjaran ke Gongdanglegi sekitar 45 km, Desa Ganjaran juga terkenal dengan
desa ilmu dikarnakan desa Ganjaran terdapat beberapa pesantren dan lembaga
pendidikan yang dijadikan tempat pengajaran terhadap anak-anak masyarakat yang
ada di Desa Ganjaran.
6. Silsilah Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
Adapun tokoh-tokoh
Musyid TN dari malaikat Jibril hingga sekarang maka peneliti bisa menguraikan
sebagai berikut:
وبجا
ه سيد نا جبر يل عليه السلام وبجا
ه سيد نا محمد عليه السلام
وبجا
ه سيخنا ابى بكر الصد يق وبجا
ه سيخنا شيخ سلمان الفارسى
وبجا
ه سيخنا قا سم من نجل الصد يق وبجا ه
سيخنا شيخ جعفا ر الصا د ق
وبجا
ه سيخنا ابى يزيد البسطا مى وبجا
ه سيخنا ابى حسن الخر قا نى
وبجا
ه سيخنا ابى على الفر مادى وبجا
ه سيخنا ابى يعقوب الهمد انى
وبجا
ه سيد نا محمد عليه السلام وبجا
ه سيخنا حضر عليه السلام
وبجا
ه سيخنا عبد الخالق الغجد وانى وبجا
ه سيخنا عا رف الريو كري
وبجا
ه سيخنا محمود الانجير فغنوي وبجا ه
سيخنا على ابن الر ميتانى
وبجا
ه سيخنا بابا السما سى وبجا
ه سيخنا سيخنا امير كلال
وبجا
ه سيخنا بهاء الدين انقشبندى وبجا
ه سيخنا علاء الدين العطارى
وبجا
ه سيخنا محمد الزاهدى وبجا
ه سيخنا سيخنا درويش محمد
وبجا
ه سيخنا خوجكى الامكنكى وبجا
ه سيخنا محمد الباق بالله
وبجا
ه سيخنا احمد فا رقى السر هندى وبجا ه
سيخنا معصوم الاحمد
وبجا
ه سيخنا سيف الدين الاحمد وبجا
ه سيخنا نور محمد البد وانى
وبجا
ه سيخنا حبيبا الله جا ن جنى وبجا
ه سيخنا عبد الله الد هلوى
وبجا
ه سيخنا ابى سعيد الا حمدى وبجا
ه سيخنا احمد مظهرى الا حمدى
وبجا
ه سيخنا عبد الحميد الشر وانى وبجا
ه سيخنا سيد صالح الزواوى
وبجا
ه سيخنا سيخنا عبد العظيم وبجا
ه سيخنا سيخنا زين الغابدين
وبجا
ه سيخنا سيخنا حسن جزولى وبجا
ه سيخنا سيخنا محمد صا لح
وبجا
ه سيخنا احمد شبروى الفر جانى وبجا ه
سيخنا سيخنا حسن بسونى
وبجا
ه سيخنا سيخناسراج الدين وبجا
ه سيخنا سيخنا فتح البارى
وبجا
ه سيخنا سيخنا شمس الدين وبجا
ه سيخنا سيخنا احمد ماوردى
وبجا
ه سيخنا سيخناعبد الحا فظ وبجا
ه سيخنا سيخنا محمد بخارى
وبجا
ه سيخنا سيخنا زين العابد ين وبجا
ه سيخنا سيخنا زين الله
وبجا
ه سيخنا سيخنا ابى العباس وبجا
ه سيخنا سيخنا اسما عيل فتح البارى
وبجا
ه سيخنا سيخنا قاسم بخارى وبجا
ه سيخنا سيخنا مجتبى بخارى
Di atas ini adalah
urut-urutan Guru Musrsyid TN yang ada dari malaikat Jibril sampai pada Guru
mursyid yang di teliti sekrang yaitu K H Mujthaba Bukhori yang ada di Desa
Gnajaran Gondanglegi Malang. Hal ini bisa peneliti ketahui melalui data
Dokumentasi yang peneliti peroleh.
B. Temuan Hasil Penelitian
1.
Bagaimana
Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi
Malang
Peneliti melakukan
wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di
Desa Ganjaran Gondanglegi Malang tentang Studi pendidikan kepribadian pada
Penganuut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), terkai dengan pendidikan
kepribadian yang di tunjukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN),
beliau menyatakan bahwa:
Untuk membentuk keimanan yang
sempurna dalam kehidupanya dan juga supaya memiliki ilmu pengetahuan yang baik
dalam hidupnya yang nantinya akan membentuk kepribadian yang baik dalam
menjalani hidupnya (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari urain di atas
dapat di uraikan bahwa tujuan dari Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
yang terletak di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang Khususnya mengajarkan Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) ini untuk membentuk keimanan yang sempurna dan kepribadian
yang baik dalam hidupnya. Selain hal itu Guru Mursyid juga mengajarkan tentang
ilmu Kpeibadian yang baik dalam kehidupanya.
Lebih lanjut, hasil
wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau
mengatakan bahwa:
Metode yang digunkan di sini
untuk membentuk kepribadian pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
ia itu dengan
cara menyuruh menjaga hati dan mengontrol diri dengan banyak berzikir pada Allah
SWT supaya bisa merasakan ketenagan jiwanya dalam menjalani hidup ini, dan juga
memiliki kepribadian atau akhlaq yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan
sama allah SWT. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari metode yang digunakan
Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) disini bertujuan untuk
membentuk kepribadian atau akhlaq yang baik terhadap pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) baik hubungan dengan sesama atau dengan Allah
sekali. Kenapa bisa demikian karena metode yang digunakan bertujuan yang baik
terhadap pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) nantinya.
Dari
hasil jawaban di atas maka dapat diuraikan bahwa tujuan dari pengunaan metode
yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat
baik terhadap pembentikan kepribadian atau akhlaq bagi pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil
wawancara dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau
menyatakan bahwa:
Ya melalui media ceramah mas.
Melalui pengarahan dan sebagainya tentang sebenarnya bagaimana cara orang hidup
di dunia ini supaya nanti hidupnya di akhirat nyaman dan mendapatkan balasan
yang baik dari Allah SWT. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari hasil wawancara tersebut maka dapat diuraikan
bahwa media yang digunakan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
adalah media ceramah yang berisi tentan arahan-arahan yang baik dalam
kehidupannya kelak di akhirat dengan dengan hal ini maka kepribadian pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) akan baik.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau
menyatakan bahwa:
Dengan banyak berzikir dalam
sehari-harinya dan juga di bantu dengan hoyekan dan tawajjuhan dalam pengamalan
ini. Yang mana isi dari hoyakan dan tawajjuhan ini adalah zikir sirriyah pada
Allah SWT mas. Ketika ini di ulah-ulang dalam sehari-harinya maka akan
terbentuklah kepribadian yang baik pada penganut TN mas. (LKS/W/S1/12 Januari
2016)
Dari hasil wawancara ditas maka dapat diuraikan
bahwa pengamalan dalam Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah Zikir sirriah
pada Allah SWT yang mana tujuan dari zikir ini akan membentuk kepribadian yang
baik bagi pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Mencermatin hasil
wawancara di atas yang mempunya tujuan, metode media dan pengamalan yang baik
untuk membentuk pendidikan kepribadian yang baik terhadap pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) maka perlu kami uraikan
hasil beberapa wawancara dengan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). pendidikan
kepribadian pada Penganuut Thariqah Naqsyabandiyah (TN), terkai dengan
pendidikan kepribadian yang di tunjukan oleh pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN), wawan cara pertama beliau menyatakan bahwa:
Tujuan utama adalah menguatkan
iman dan taqwa dua supaya selamat dunia akhirat dan supaya mempunyai tujuan
yang mulia dalam menjalani hidup ini mas. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara yang pertama
di atas maka dapat di uraikan tujuan mengikti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
ini untuk memperkuat taqwa dan
iman pada Allah SWT dan mempunyai tujuan
yang mulia dalam menjalni hidup di dunia.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode
yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah
(TN)
itu ialah untuk menjaga waktu supaya tidak
habis dengan sia-sia dan juga untuk mengontrol diri dalam menjaga keiman kita
mas dan juga dari hal ini supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam hidup
ini mas. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diurakan
bahwa metode yang diberikan Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat
berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian pada pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) hal ini
terlihat dari keinginannya untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang sudah ada dan
mempunya keinginan hidup yang baik dalam dunia ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Media yang digunakan ialah
melalui media ceramah yang diberikan pada kami yang berisi tentang arahan yang
baik supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam menjalani hidup ini mas.
(LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa media ceramah yang diberikan Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah
(TN) sangat berpengaruh hal
ini terlihat dari kepribadian keinginan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
untuk menjadi orang yang baik dalam menjalani hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan
bahwa:
Pengamalan yang diberikan pada
kami untuk membentuk kepribadian kami melalui memperbanyak berzikir dan membaca
sholawat dalam kesehari-harian kami supaya semakin kuat keimanan yang kami
milki. (LKS/W/S2/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas maka dapat diuraikan
bahwa pengamal yang di berikan oleh Guru Mursyd Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berpengaruh hal
ini terlihat dari kepribadian pengikut tarekah untuk memper kuat keimananya
melalui zikir sirriah yang di ajarkan oleh Guru Mursyd Thariqah
Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang kedua beliau menyatakan bahwa:
Tujuan
saya untuk menguatkan iman dan taqwa saya dalam menjalankan hidup saya di dunia
ini mas dan juga saya dalam menjalani hidup ini supaya mendapat kenyamanan
kelak di akhirat nanti. (LKS/W/S3/17
Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa
tujuan dari pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah ingin
meperkuat iman dan taqwanya dan supaya mendapatkan kenyamanan kelak nanti di
akhirat. Hal ini sama dengan tujuan yang diinginkan oleh Guru Mursyd terhadap
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikan pada saya
itu ialah. Untuk selalu mengontrol diri dan menjaga waktu sebaik-baiknya supaya
waktu yang saya jalani tidak habis sia-sia dengan mengingat Allah SWT. Hal itu bisa
membentuk kepribadian saya yang baik dalam
diri ini mas. (LKS/W/S3/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara ini dapat diuraikan bahwa
metode yang diberikan oleh Guru Mursyd pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah
(TN) sangat berpengaruh terhadap kepribadian penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) dengan terlihat ya kepribadian yang baik dalam diri
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Melalui ceramah media yang
diberikan pada saya mas. Dari siraman rohani itu tujuannya supaya terbentuk
kepribadian yang baik tehadap diri saya selaku pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) mas
dan hal itu berhasil yang saya rasakan mas kenapa demikian karena saya memiliki
kepribadian atau aklaq yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan sama
Allah SWT. (LKS/W/S/17 Januari 2016).
Dari wawancara di atas maka dapat diuraikan media
yang diberikan oleh Guru Thariqah Naqsyabandiyah (TN) pada
pengnut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berhasil dan
berpemgaruh terhadap pembentukan kepribadiannya hal ini terlihat dari
kepribadiannya yang baik dalam berinteraksi dengan sesama dan sama Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Kalau
pengamalan yang di berikan pada saya itu ma ialah. Zikir mas baik zikir ketika
tawajjuhan atau zikir di luar itu tujuannya apa supaya saya mempunyai
kepribadian yang baik dalam diri ini dan hal itu sangat bisa saya rasakan bahwa
kepribadian atau aklaq saya sekarang baik dari pada sebelumnya. (LKS/W/S3/17
Januari 2016).
Dari hasil
wawancara di atas dapat diuraikan bahwa amalan yang diberikan oleh Guru Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang berupa zikir Pada pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) sangat baik dan berhasil terhadap pembentukan pendidikan
kepribadian pada pengikut TN hal ini terlihat dari pengakuan penganut Thariqah
bahwa dia bisa merasakan mempunya kepribadian yang baik dari pada seblemum
mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang ketiga beliau menyatakan bahwa:
Ingin
menambah keyakinan pada Allah, melatih diri untuk menjadi orang yang baik dan menambahkan
keimanan kita pada Allah, menenangkan hati serta mengharapkan akhir hidup menjadi
khusnul khotimah. (LKS/W/S4/17
Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bawha tujuan dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah untuk
menambah keyakinannya pada Allah, menambahkan keimanan dan menjadi orang yang
lebih baik dan mendapatkan imbalan yang baik nanti di akhirat. Melihat realita
peryataan di atas maka kepribadian dan keingin untuk mendekatkan diri dan
mempunya akhlaq yang baik sangat antusias yang di lakukan oleh pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan
pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Yang berkesan dari saya metode
yang dilakukan oleh beliau selalu menasehati untuk selalu mengistiqomahkan
zikir dan mengunakan waktu sebaik-baiknya dan dari metode yang beliau berikan
pada kami maka kami bisa sadar sebenarnya cara kita untuk bersosial yang baik
dengan sesama dan juga dengan Allah SWT. (LKS/W/S4/17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa
metode yang diberikan oleh Guru Mursyid terhadap penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) sangan berpengaruh terhadap peningkatan
pendidikan kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
hal ini terlihat dari keinginan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
mengetahui cara yang baik dalam berinteraksi sosial yang baik dengan sesama
maupun dengan Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan
bahwa:
Melalui media ceramah dengan
memberikan arahan yang berkesan baik pada kami yang tujuannya untuk kebaikan
kita nantinya, dengan arahan beliau tenangkan hati dengan mengingat Allah,
supaya saya memiliki ahlaq yang baik di dunia ini mas. (LKS/W/S/17 Januari
2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa media ceramah yang di lakukan oleh Guru Mursyid sangat baik karena
pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) berkeinginan untuk memilik
kepribadian dan ahlaq yang baik hidup di dunia ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan
bahwa:
Kalau amalan yang diberikan pada
kami ialah melalui zikir yang di anjurkan oleh beliau dalam hidup kami
sehari-hari mas. Tapi yang paling utama dalam TN ialah zikir sirriah yang
dilakukan dalam hati mas. (LKS/W/S4/17 Januari 2016).
Dari wawancara di atas dapat diuraikan bahwa amalan
yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat
berkesan baik dalam pembentukan kepribadian penganut TN melalui zikir
yang dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari ini lah yang bisa membentuk
pendidikan terhadap pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di sini
ini. Dan hal ini sangatlah baik yang di lakukan oleh Guru Mursyid karena malaui
zikir pengikutnya bisa tau mana yang baik dan yang buruk untuk ia lakukan.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang keempat beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya mengikuti TN ini
ingin mendekatkan diri pada Allah, serta membentuk kepribadian yang lebih baik
dari pada sebelumnya dan juga untuk mendekatkan diri pada ajaran-ajaran yang
menuntun kita untuk lebih baik. (LKS/W/S5/18
Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa tujuan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) mengikuti Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) ialah untuk mendekatkan diri pada Allah, membentuk
kepribadian yang lebih baik serta untuk mendapatkan pendidikan yang baik dari
Guru Mursyid guna untuk bisa hidup dengan baik di kemudian hari.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan
bahwa:
Metode yang diberikanpada kami
yaitu Guru menyuruh kita untuk menjaga hati dalam kehidupan sehari-hari.
(LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa metode yang diberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
berpengaruh terhadap pembentukan kepribadin yang baik terhadap penganutnya
tidah heran lagi kalau penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) memiliki
kepribadian yang baik hal itu memang sudah di atur dan menjadi tujuan dari Guru
Muursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan
bahwa:
Media
yang diberikan ialah media ceramah yang berisi tentang tujuan hidup yang lebih
baik yang menghasilkan kepribadian yang baik dalam hidup saya. (LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Dari
hasil wawancara diatas dapat diuraikan bahwa media yang diberikan oleh Guru
Musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk kepribadian yang
baik terhadapt Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat berhasil
karena penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) mempunyai keinginak untuk memperbaiki
kehidupanya dalan menjali hidup ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Amalan yang diberikan pada kami
dengan memperbanyak zikir pada Allah baik zikir jehriyah atau zikir sirriah
yang merupakan ketentuan dalam zikir dalam Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
guna membentuk
kepribadian yang baik terhadapat diri dan saya rasakan memang hal itu berhasil
kami bisa mengatahui bagaimana berakhlaq
yang baik dan buruk dalam hidup kami. (LKS/W/S5/18 Januari 2016).
Darai hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa amalam yang melalui zikir sirriah atai zikir jahriyah memang bisa membawa
pada kepribadian yang baik dalam kehidupan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
hal ini bisa di lihat dari cara prilaku kepribadian penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang baik dalam kehidupannya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang kelima beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya mengikuti Thariqah
ini mas untuk meningkatkan ukhwah keimanan saya dan juga untuk mendekatkan diri
pada Allah supaya saya memiliki keimanan yang kuat. (LKS/W/S6/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan tujuan dari berbagai
orang pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sama dengan Guru Mursid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) bahwa tujuannya untuk mendekatkan diri pada Allah dan
meperkuat keimanan yang di miliki supaya nanti di akhirat mendapatkan tempat
yang mulia.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode
yang diberikan pada saya beliau selalu berpesan untuk tidak melalaikan waktu
untuk selalu berzikir suapaya kami memiliki kepribadian yang tenang dan sabar
dalam menghadapi maslah dan hal itu memang benar bisa saya rasakan saat ini
mas. (LKS/W/S6/18
Januari 2016).
Dari hasil wawan cara di atas maka dapat diuraikan
bahwa metode yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
terhadap pengikut yang berasil dan suskse kenapa demikian karena pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) bisa meraskan kenyamanan jiwa dalam menjalni hidupnya. Dan
untuk merasakan demikian itu tidak gampang butuh metode yang baik suapaya bisa
dilakukan oleh pengikutnya dan memberi dampak dan hasil yang baik terhadap
pengikutnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Media
yang digunakan ceramah mas atau dakwah yang berisi wasiat-wasiat yang baik tujuannya
membentuk kepribadian yang baik dan akhlaq yang baik pada kami mas, hal ini
berhasil mas karena saya bisa bersosial dengan baik dengan mahluq Allah bakan
dengan Allah juga yang saya rasakan. (LKS/W/S6/18
Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa
media yang di lakukan untuk membentuk kepribadian pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) dikatakan berhasil karena dari media tersebut
tersentuhlah hati para pengikut untuk mempunyai kepribadian atau akhlaq yang
baik terhadap penganutnya baik kehidupan duniawi atu ukhrowi.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)beliau menyatakan bahwa:
Pengamalannya
zikir sirriyah mas untuk menyatukan hati kepada Allah ketika sudah menyatu maka
jiwa kita akan tenang dan otomatis kepribadian kita akan baik maz. (LKS/W/S6/18 Januari 2016).
Dari hasil wawaancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa zikir yang diberikan itu bisa membentuk kepribadian yang baik kenapa
demikian terlihat dari jiwa yang tenang dari penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) ketika menjalani hidupnya sehari-hari.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang keenambeliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya untuk mendekatkan
diri pada Allah dan menambah keimanan beserta ketauhidan pada diri saya mas.
(LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas tujuan dasar pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) ialah mendekatkan diri pada Allah dan menambah keimanan
beserta ktauhitan diri pada Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Metode yang diberikan beliau
selalu berpesan untuk menjaga diri sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari
supaya apa yang sudah dilakukan tidak habis dengan sia-sia. (LKS/W/S7/18
Januari 2016).
Dari hasi wawancara di atas dapat diuraykan bahwa
metode yang dilakukan Guru Murstid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam
membentuk pendidikan kepribadian pada penganutnya berhasil karena mera bisa
menjaga apa-apa yang sudah di pesankan oleh Guru Thariqahnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan
bahwa:
Mauidhotul hasanah menyuruh agar
kita semakin dekat pada Allah supaya memiliki akhlaq dan kepribadian yang baik
dalam hidup kita mas. (LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa media yang deberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) sangat
berhasil sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh Guru Mursyid TN hal ini bisa
terlihat dari kemauan penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk
akhlaq dan kepribadian yang bail dalam hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Zikir hati agar hati agar hati
kita senantiasa mengingat pada Allah SWT. Tujuannya suapaya kami memiliki
kepribadian yang dalam agama maupun sosial mas. (LKS/W/S7/18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa pengamalan yang diberikan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
berhasil hal ini terlihat dari keinginan Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)untuk
memperbaiki kehidupannya dalam beragama maupun dalam bersosia. Hal ini menjadi
tujuan utama bagi Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam
memberi pendidikan yag bertujuan unruk membentuk Akhlaqul Karimah yang baik dalam
kehidupan.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang ketujuh beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya untuk memperdalam
ketauhitan dan keiman saya pada allah mas. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa tujuan yang utama penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) adalah
untuk menambah ketauhidan dan keimanan manusia dalam menjali hidupnya dan hal
ini sangat pas sekalai dengan tujuan Guru Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bahwa
dia mengajarkan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ini bertujuan untuk
membentuk keimanan dan ketauhidan yang kuat dalam diri manusia yang mengikuti Thariqah
Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Metode yang beliau lakukan selalu
berpesan untuk selalu melakukan sholat berjama’ah dan puasa sanin kamis
tujuannya untuk terbentuknya kepribadian yang sangat baik dan mulia di mata
masyarakat maupun di sisi Allah SWT. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara tersebut bisa diuraikan bahwa
metode arahan yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
terhadap penganutnya sangat mendapatkan
respon yang baik dari sang penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). kenapa demikian karena penganut selalu
mengingat pesan yang Guru berikan dan menerapkan apa yang telah di pesankan
tujuan apa hanya untuk mempunya kepribadian yang baik dalam kehidupan
masyarakat dan di sisi Allah SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Media yang diberikan itu ceramas
mas. Yang berisi arahan suapaya kita senantiasa selalu mendekatkan diri pada Allah
supaya kita mempunya akhlaq yang baik mas, dan hal ini sangat berguna dan bisa
kami lakukan karena ini demi kebaikan hidup kami mas. (LKS/W/S8/20 Januari
2016).
Dari hasil wawancara di atas dapat diuraikan bahwa
media yang diterapkan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). sangan membangun kepribadiab manusia dalam berprilaku
yang baik dalam kehidupannya hal ini bisa terlihat dari kesukarelaanya pengikut
Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk
melakukan hal-hal yang di anjurkan oleh
Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Pengamalannya adalah zikir sirriah
yang bertujun untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Zikir sirriah itu zikir
hati mas yang memang tradisi zikir dalam Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Dan memang zikir ini bisa membentuk kepribadian yang baik terhadap kami dalam
menjalankan hidup mas. (LKS/W/S8/20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikna
bahwa pengamalan-pengamalan yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). sangat membantu
dalam membentuk Kepribadian Masyarakat hal ini bisa terlihat dari pengakuan
penganut bahwa zikir ini memang sangat membantu dalm membentuk Kepribadian
hidup di dunia ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang kedelapan
beliau menyatakan bahwa:
Tujuan utama adalah mendekatkan
diri pada Allah SWT. Tapi yang paling utama untuk belajar berzikir setiap waktu
dan mengiginkan mati dalam keadaan khusnul khotimah. (LKS/W/S9 20 Januari
2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa tujuan utama penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
adalah untuk mendekatkan diri pada Allah
SWT bahkan ada yang paling utama ialah untuk belajar berzikir setiap waktu
supaya mendapatkan kematian yang khusnul khotimah.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Dengan cara suri tauladan yang
baik dalam akhwal dan hal dalam kehidupan setiap harinya tujuannya supaya
memiliki kepribadian yang baik ketika melakukan ini teraksi dengan kami selaku
penganut TNdan hal ini menjadi daaya tarik untuk kami untuk memiliki
kepribadian dan akhlaq yang muliah seperti beliu. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas apa yang dilakukan oleh
Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). sangat memberi rangsangan yang kuat untuk
pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk meiliki kepribadian yang sama dengan
Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Media yang diberikan itu media
ceramah, yang berisi tentang pengarahan yang baik supaya terbentuk kepribadian
yang dalam bersosial dengan sema ata upun
dengan Allah SWT. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa media yang diberikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). sangat berpengaruh terhadap pembentukan
kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Hal ini bisa terlihat dari keinginak penganut untuk memperbaiki diri dengan
lebih baik dalam hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Pegamalan melalui zikir sirriah
mas yang bisa dilakukan setiap hari dari zikir ini berdampak baii terhadap
kepribadian saya maz. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa pengamalan yang diberikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
sangat berpengaruh hal ini bisa terlihat
dari hal yang dirasakan oleh pengikut Thariqah bahwa melui zikir ini
bisa terbentuk kepribadian yang baik terhadap dirinya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang kesembilah
atau yang terakhir beliau menyatakan bahwa:
Tujuan saya yang utama adalah
untuk menengkan diri. Menedekatkan diri pada Allah. Membentuk iman dan taqwa
yang kuat pada Allah SWT. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas maka dapat diuraikan
bahwa tujuan utama dari pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). adalah untuk menengkan diri dan mendekatkan
diri pada Allah dan juga untuk menambahkan keimanan dan ketaqwaanya pada Allah
SWT.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Metode yang beliau lakukan ialah
beliau selalu mengingatkan kita untuk selalu mengontrol diri kita supaya
terbentuk kepribadian yang baik dalam diri kita mas baik dalam sosial dan
agama. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa metode yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
sangan membantuk untuk membentuk
kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Hal inni terlihat dari kehidupan penganut TN dalam bersosial dan berakhlaq yang
mulia.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Media ceramah dengan menanamkan
arahan-arahan yang positif melalui bacaan zikir tujuannya supaya bisa
membentengi jamaah dalam dalam hal keimanan dan kepribadian dan hal ini sangat
baik sekali untuk saya sebagai orang awan untuk membantu memiliki akhlaq yang
baik di dunia ini. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa media yang di berikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
sangat berpengaruh dalam membentik kpribadian yang baik bagi penganutnya hal
ini bisa trelihat dari keingina penganut dalam merubah kepribadiannya menjadi
lebih baik.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Melalui zikir sirriah yang pada
awalnya dan di teruskan dari inti dari cara berzikir pada Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yaitu melalui zikir sirriah
dengan terus menerus menyebut lafat Allah berulang-ulang dalam hati. bila ini
sudah dilakukan maka kita akan berfikir untuk melakukan hal-hal yang buruk
dalam hidup ini mas. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa amalan yang diberikan oleh Guru Mursyid pada penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) sangat mempunya pengaruh yang kaut dalam membentuk
kepribadian yang baik dalam dirinya. Hal ini bisa terlihat dari sifat mereka
dengan tidak mau melakukan hal-hal yang buruk dalam dirinya atau hala-hal yang
buruk dalam bersosial dan beragama.
Dari berbagai hasil paparan data secara wawncara,
observasi maupun dukumentasi di atas maka dapt di tarik benang merah bahwa
tujuan, metode, media dan pegamalan yang ajarkan atau dilakukan dan diinginkan
oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) untuk membentuk
kepribadian yang baik terhadap penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dan
hal ini Sangat berpengaruh dan berdampak positif terhadap pendidikan
kepribadian pada pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) hal ini bisa telihat
dari berbagai pengakuan dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bahwa
bebrapa tujuan yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
bisa merubah kehidupannya menjadi lebih baik. Baik dari segi vertikal dan horizontal
yang di rasakan oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
2. Bagaimana Strategi Pendidikan Kepribadian yang
dilaksanakan Terhadap Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
Strategi pendidikan kepribadian
yang dilakukan yang dilakukan di Desa
Ganjaran bisa peneliti ketahui melalui Observasi, adapun hasil dari yang
peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Strategi atau cara yang dilakukan oleh
Guru Mursid untuk meningkatkan kepribadian yang baik pada penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) ialah dengan selalu memebri arahan yang baik sebelum
pelaksanaan Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dilakukan. Penyampaian arahan
yang dilakukan Guru Mursyid melalui ceramah atau dakwah, selain cara yg di atas
Guru Mursyid juga menyarankan untuk selalu ingat kepada Allah SWT supaya
tertanam keimanan dan kepribadian yang baik dari apa yang dilakukan oleh
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Strategi
atau cara dalam membentuk kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
sangan dibutuhkan karena untuk
mempermudah penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk bisa tahu hal-hal yang harus dilakuna
dalam membentuk kepribadiannya yang baik
dalam dirinya karena hal ini sangat menunjang dalam menuntuk arah kemana
nantinya hidup sebenarnya seorang manusia apa ke jurang kekafiran apa kejurang kebaikan
dan kemuliaan di sisi Allah untuk mengetahui hal tersebut maka dapat kami
uraikan beberapa wawancara baik dari Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
maupun dari penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN).. Yang berisi tentan cara, hasil dan dampak dari
mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Untuk
wawancara yang pertama kami uraikan beberapa wawan cara dengan Guru Mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). beliau
menyatakan bahwa:
Caranya
ya mengarahkan kepada jalan yang baik mas dalam hidupnya dan penenaman ketauhidan
dan keimanan yang kuat dalam dirinya supaya terbentuk kepribadian yang baik
sesuai dengan yang diinginkan. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
dari
cara yang dilakukan oleh Guru Musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). dapat di uraykan bahwa cara yang dilakukan
oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk membentuk pendidikan kepribadian yang
bauk melalui arahan yang bak dan penanam ketauhidan dan keiman dalam dirinya.
Supaya apaya yang menjadi keinginan bisa tercapai dan terima dengan baik oleh
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan
Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Berhasil
mas sejauh ini saya melihat kepribadian penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
kepribadiannya
baik dan terarah dengan sesuai yang saya inginkan hal ini bisa saya rasakan
dalam kehidupan sosial mereka baik dengan sesama dan juga dengan Allah SWT.
(LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Keberhasil
sesuatu harus sesuai dengan hal yang di inginkan oleh pengajar dan pengikut
maka tidak heran seorang Guru mengatakan berhasil karena dia yang tahu dengan
kondisi pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).. Dari wawan cara di atas
maka dapatb disimpulkan bahwa apa yang menjadi keinginanan dari Guru Mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). berhasil dengan
melihat kodisi sehari-hari dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). baiik dari sisi vertikal dan horizontal yang
ia lihat.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan
Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya
ya mereka bisa merasakan nyaman dan tenang dalam menjalni hidupnya kenapa
demikian karena mereka mempunyai keimuan dan kepribadian yang baik dalam
menjalani hidupnya. (LKS/W/S1/12 Januari 2016)
Dari
hasil wawancara diatas maka dapat dipapakan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). ini pengikut
mempunya kepribadian atau jiwa yang tenang dan nyaman dalam menjalani hidupnya
ini semua karena mereka mendapatkan ajaran dari Guru Musryid Thariqah Naqsyabandiyah
(TN)..
Lebih
lanjut untuk mengetahui kebenaran dari yang diurakan oleh Guru Mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). di atas maka
perlu mengecek pengakuan dari penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Maka dari itu dapat kami paparkan beberapa wawancara dari Penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). wawancara yang
pertama dengan Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Cara
yang diberikan pada kami untuk meningkatkan kepribadian kami itu beliau memberi
arahan dan petunjuk yang baik bagi kami nantinya untuk kehidupan kami di
akhirat nanti gitu aja mas. (LKS/W/S2/ 17 Januari 2016).
Dari
hasil wawancara di atas maka dapak diuraikan bahwa cara yang di berikan Guru
Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk meningkatkan kepribadiannya melalui
arahan-arahan yang baik supaya pengikut Thariqah Mau mengikuti arahannya
itu yang tujuannya untuk kebaikannya kelak di akhirat.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan
pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh saya
bisa tenang dalam menjalani hidup saya biarpun dalam kehidupan saya kadang
mempunyai masalah di karenakan kami punya pegangan yaitu Allah maka saya tetap
tegar dalam menghadapi kehidupan kami. (LKS/W/S2/
17 Januari 2016).
Dari
hasil wawancara di atas dapat lihat bahwa hal yang di peroleh oleh pengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). ilah ketenangan
jiwa walaupun dalam keadaan mempunya masalah dan dari hal ini lah bahwa
mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN). memang memperoleh apa yang di inginkan sesuai
yang dikatakan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). di atas.
Lebih lanjut, hasil wawancara dengan
pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Dampak
yang saya peroleh ketika mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
ini saya merasa nyaman dalam berinteraksi
dengan sesama. Sayang mempunya akhlaq atau kepribadian yang baik dan saya
rasakan semakin mempunya keinginn untuk semakin memper dekatkan diri saya terus
pada Allah SWT. (LKS/W/S2/ 17 Januari 2016).
Dari
penjelasan wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa dampak dari mengikuti Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). ini ialah
adalah mersa nyaman dalam berinteraksi dengan sesama karena dalam berinteraksi
memiliki pengankepribadian atau akhlaq yang baik yang berpegang pada tali Allah
SWT.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang kedua
beliau menyatakan bahwa:
Caranya itu ya di beri arahan
melalui pengarahan yang bertujuan baik dalam kehidupan saya dalam
kesehari-harian yang saya jalani . (LKS/W/S3/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara ini bisa di uraikan bahwa cara
yang diberikan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk membentuk kepribadiannya ialah melalaui
arahan yang baik untuk kehidupan di dunia ini.
Lebih lanjut, hasil
wawancara dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh itu ialah
ketenagan jiwa yang yang saya rasakan dalam menjalani hidup di dunia ini dan
juga saya mempunya pegangan dan tujuan yang baik dalam hisup ini mas. (LKS/W/S3/
17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa yang di peroleh oleh pngikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). dalam membentuk kpribadiannya ialah ketengan
jiwa dalam menjalani hidup di dunia ini. Ketengan jiwa dalam menjalani hidup
ini sangat dibutuhkan karena tampa ketengan jiwa yang kita miliki tidak akan
sempurna kehidupan yang kita jalani.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Kalau dampaknya itu saya mempunya
kepribadian dan keinginan untuk selalu mendekatkan diri pada Allah supaya
akhirnya saya nanti mendapatkan imbalan yang berupa surga. (LKS/W/S3/ 17
Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa
dampak dari mengikuti Thariqah ini mempunya kepribadian yang baik dan keingin
untuk semakin dekat pad Allah tujuannya apa supa mendapatkan surga Allah yang
sudah di janjikan oleh Allah pada ummatnya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang ketiga
beliau menyatakan bahwa:
Caranya mengarahkan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). dengan cara
memberi arahan yang lemah lembut supaya terbentuk keingan yang kuat untuk
membentuk kepribadian yang baik pada dirinya. (LKS/W/S4/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa cara guru untuk membentuk kepribadian pengikut Thariqah Naqsyabandiyah
(TN). ilah dengan cara memberi
arahan yang sopan atau lembut dalam penyampaiannya supaya timbullah keinginan
yang kuat dari dalam diri penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk mebentuk kepribadian yang baik di dunia
ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Banyak sekali diantaranya
ketenagn diri, menambah keyakinan dalam meningkatkan diri pada allah mampu
mengendalikan diri keistiqomahan dalam beribada pada Allah SWT. (LKS/W/S4/ 17
Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa hal yang di peroleh dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN). penganut Thariqah memiliki kepribadian
ketenangan jiwa menambah keyakinan dalam meningkatkan diri pada Allah dan lebih
istiqomah dalam hal beribadah dan hal ini sangat baik terhadap kehiudpan
manusia karena ini lah yang dibutuh oleh orang yang hidup di muka bumi ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya kurang minat dalam
kehidupan duniawi dan juga saya mempunya kepribadian yang nyaman dan tenang
dalam mengahadapi cobaan. (LKS/W/S4/ 17 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN). mereka memiliki kepribadian yang tidak begitu
senang akan duniawi dari pada sengan akan akhirat dan juga mereka memiliki jiwa
yang nayaman dan tenang dalam menjalani hidup ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang keempat
beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan pada kami
untuk membentuk kepribadian kita itu melalui penanaman ketauhidan atau keimanan
pada diri kita tujuannya apa supaya mempunya kepribadian yang baik. (LKS/W/S5/
18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diata maka dapat diuraikan
bahwa cara yang lakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk membentuk kepribadian penganutnya
melalui penanaman ketauhidan dan keimann yang baik supaya timbuk kepribadian
yang bai dalam dirinya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh saya bisa
menenangkan jiwa kita ketika di timpah masalah atau musibah karena semua itu
hal yang sudah takdir Allah SWT. (LKS/W/S5/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat di simpulkan
bahwa yang di peroleh oleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
ini bisa memiliki kepribadian yang
pasrah pada Allah ketika dia dalam keadaan di timpa musibah karena kenapa
demikian karena semua itu sudah kehendak Allah.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Dampak pada saya lebih semangat
lagi dalam mendekatkan diri pada Allah. Gunu untuk kebaikan diri kita sendiri
dan terbentuk akhlaq yang baik mas. (LKS/W/S5/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa dampak yang diproleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
ilah lebih semgat dalam memdekatkan diri
pada Allah supaya apa terbentuk akhlaq yang baik di dunia ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang kelima
beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan arahan yang
baik dan tujuan yang baik untuk kehidupan saya mas contoh di suruh selalu ingat
pada Allah dan ini arahan yang baikbagi saya dan lain-lain. (LKS/W/S6/ 18
Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa cara Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). dalam membentuk kepribadian penganutnya
melalui pengarahan yang baik supaya terbentuk kepribadian yang baik dalam diri
seperti yang di raskan oleh panganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). di atas.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh saya
mendapatkan kepribadian yang baik dan ketenagan jiwa dalamkhisupan saya mas.
(LKS/W/S6/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). memperoleh kepribadian yang baik dan ketengan
jiwa dalam dirinya
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya semakin semangat
untuk beribadah dan mendekatkan diri saya pada allah itu saja mas. (LKS/W/S6/
18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan bahwa
dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN). pengikut TN bisa lebih semangat untuk
beribadah dan mendekatk diri pada Allah SWT.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang keenam beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan untuk
membentuk kepribadian yang baik itu beliau selaluh mengarahkan kita untuk
selalu berpegang pada tali Allah dan untuk selalu ingat pada Allah Mas.
(LKS/W/S7/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa cara yang di berikan pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). untuk terbentuk kepribadian yang baik melalui
pengarahan yang baik baik dianjurkan untuk ingat selalau pada Allah atau selalu
berpegang pada tali Allah dalam menjali hidup ini.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh merasakan jiwa
yang tenang dan kepribadian yang baik. (LKS/W/S7/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancra di atas maka dapat diuraikan
bahwa yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). mengikuti TN ini ialah ketenagan jiwa dan
kepribadian yang baik dalam menjalani kehidupanya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut TN beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya semakin mempunyai
keinginan kuat untuk mendekatkan diri pada Allah dan mempunya kepribadian yang
ikhlas dalam beribadah. (LKS/W/S7/ 18 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa dampak yang di peroleh melalui mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
ini penganutnya bisa memiliki keinginan
kuat untuk mendekatkan diri pada Allah dan mempunyai rasa yang Ikhlas dalam
beribadah.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang ketujuh
beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan pada saya itu
mas dengan memberikan arahan yang baik ketika arahan itu baik maka otomatis
kepribadian yang kita miliki akan baik mas. (LKS/W/S8/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahwa cara yang di lakukan guru musryid Thariqah Naqsyabandiyah (TN). dalam
membentuk kepribadian yang baik pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
melalui arahan yang baik terhadap
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh itu saya
mempunya kepribadian yang tenag dalam hati di karenakan saya sudah tau manfaat
dalam zikir itu membuat kita pada ketenangan. (LKS/W/S8/ 20 Januari 2016).
Dari hasi wawancara di atas maka dapat di tarik
kesimpulan bahwa yang di peroleh dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
ini ialah ketenagan jiwa yang dilakukan
dengan cara banyak berzikir dalam menjalani hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya saya lebih giat untuk
beribadah dan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT mas. (LKS/W/S8/ 20 Januari
2016).
Dari uraian di atas maka dapat diuraikan bahwa
dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ini
ialah lebih giat dalam beribadah dan mendekatkan diri pada Allah. Dan memang
hal ini yang di inginkan oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk kepribadian yang baik dalam
dunia ini.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) yang kedelapan
beliau menyatakan bahwa:
Ya kalau cara membentuk
kepribadian bagi pengikut itu mas ya arahan yang baik yang harus kami lakukan
dalam kehidupan saya mas. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa cara yang dilakukan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) untuk memebentuk Kepribadian penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) melalui arahan
yang baik sesuai dengan yang ia inginkan supaya dalam menjalani arahan ini
tidak terjadi paksaaan melainkan keikhlasan yang akan menimbulkan kepribadian
yang baik dalam diri penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN)..
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh adalah
ketenangan jiwa karena selalu ada di bawah naungan bimbingan Guru Mursyid Thariqah
dan apabila kita kita menanamkan nilai kecintaan pada Guru maka kita akan
ketetsan cahaya Fiad. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat disimpulakan
bahwa yang di peroleh penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN)
ilah ketengan jiwa melalui menanamkan
nilai-nilai kecintaan pada Guru Musryid Thariqah dan dari itu tujuannya
apa supaya mendapat cahaya yang baik dalam menenrangidirinya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya pada saya semakin
semagat dalam beribadah dan melaksanakan ritual riadhoh dalam melaksanakan Tahriqah
dan melanjutkan pada jenjang berikutnya. (LKS/W/S9/ 20 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diraikan
bahwa dampak yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk kepribadiannya ialah semakin
semangat dalam beribadah dan dapat melakansakan ritual dalam Thariqah
dan mempunyai keinginan untuk melanjutkan keimanan pada jenjang berikutnya.
Lebih lanjut hasil wawancara dengan penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN). yang terakhir
atau yang kesembilan beliau menyatakan bahwa:
Cara yang diberikan melalui
sentuhan-sentuhan hati melalui ceramahan atau arahan-arahan yang baik dalam
membetuk akhlaq yang baik pada diri kita, memantapkan ketauhidan dan keimanan
kita. (LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancara di atas maka dapat diuraikan
bahaw hal yang dilakukan Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) dalam membentuk kepribadian yang baik terhadap
pengikutnya melalui sentuhan-sentuhan ceramah dalam hatinya memberi petunjuk
yang baik dan juga melakukan penanaman ketauhidan dan keimanan dalam diri
pengukut Thariqah Naqsyabandiyah (TN).
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Yang saya peroleh hati saya
menjadi tenang dan kenyamanan dalm bersosial anata makhluk dan sang kholik.
(LKS/W/S10/ 22 Januari 2016).
Dari hasil wawancra diatas maka dapat di lihat bahwa
dampak dari mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN) pengikutnya bisa memiliki ketennagan jida dan
kenyamanan dalam bersosial dengan sesama dan juga dengan Allah dan hal ini
sangat baik selaki untuk di peroleh oleh seorang penganut supaya kenapa bisa
terarah dalam menjalani hidupnya.
Lebih lanjut, hasil wawancara
dengan pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) beliau menyatakan bahwa:
Dampaknya bisa mengiatkan
amalan-amalan yang positif seperti banyak berzikir dan mendekatkan diri pada
Allah dan selalu sengan dalam melakukan hal kebaikan. (LKS/W/S10/ 22 Januari
2016).
Dari hasil wawancara diatas maka dapat diuraikan
bahwa dampak yang di peroleh oleh pengikut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) ialah
bisa mengamalkan amalan-amalan yang bersifat fositif memperbanyak berzikir supaya semakin dekat
pada Allah dan hal ini yang di peroleh oleh Penganut Thariqah Naqsyabandiyah
(TN) dalam mengikut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN).
Dari berbagai hasil paparan data wawancara maupun
observasi di atas maka dapat dipaparkan temuan sangat baik dengan Guru Mursyid Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) maupun dengan
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) bisa di tarik benang merah bahwa apa-pa saja
yang dilakukan oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) untuk membentuk kepribadian pengikutnya itu
sangat berpengaruh dan berhasil di peroleh oleh seorang penganut untuk
membentuk kepribadin dan akhlaq yang baik dalam menjalani hidup di muka bumi
ini semua itu untuk tujuannya hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT dalam
menjalani hidup di muka bumi ini dan mendapatkan suega Alla SWT ketika sudah
meningal nanti.
Berdasrkan temuan penelitian di atas,maka dapat di
simpulkan temuan penelitian yang diuraikan dalam tabel berikut :
Tabel 4.1 Temuan Hasil Penelitian
|
No
|
Fokus
Penelitian
|
Temuan Hasil
Penelitian
|
|
1
|
Pelaksanaan Pendidikan Kepribadian
Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
|
a.
Hasil bagi Penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) dapat
memperdalam ketauhitan dan keimanan dalam dirinya pada Allah
b.
Mendapatkan ketenagan jiwa
dalam menghadapi masalah
c.
Mendapatkan kepribadian yang
baik dalam berinteraksi dengan sesama dan dengan Allah.
d.
Memdapatkan pendidikan yang
baik
|
|
2
|
Bagaimana
Strategi Pendidikan Kepribadian yang dilaksanakan Terhadap Penganut Thariqah
Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang
|
a.
Dari strategi yang di berikan
oleh Guru Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) penganut bisa memiliki keimanan yang kuat
terdapat Allah SWT.
b.
Arahan yang diberikan Guru
Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah (TN) penganut bisa memperoleh ketengan
jiwa, kenyaman jiwa dana keilhkasan dalam melaksanakn ibadah pada allah dan
juga memiliki kepribadian atau akhlaq yang baikdalam besosial.
c.
Petunjkan untuk mengontrol hati
penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN). Pengikut bisa memperoleh dampak
yag baik dalam mengikuti Thariqah Naqsyabandiyah (TN) contohnya meningktkan keimanan dirinya pada
Allah dan mempunya keinginan yang kuat untuk melanjutkan keimanan pada
tingkat selanjtnya.
|
0 Komentar "Studi pendidikan kepribadian pada penganut Thariqah Naqsyabandiyah (TN) di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang BAB IV"