SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN GANJARANG GONDANGLEGI MALANG

BAB I
SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN GANJARANG GONDANGLEGI MALANG

1.      LATAR BELAKANG
Sejarah sangatlah di butuhkan setia suatu permasalahan yang terjadi biar tidah menjadi mitos dongen belakang bagi masyarakat sekitarnya, sejarah banyak yang menngartikan baik menurut bahasa indonisa, bahasa arab dann bahasa yang lain tapi di semua bahasa tersebut tujuannya sama, Sejarah atau history berasal dari bahasa Yunani yaitu 'hisotira' yang berarti penyelidikan atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yang mendalam.Hal tersebut menunjukan bawah penkajian sejarah sepenuhnya bergantung pada penyelidikan yang mendalam terhadap perkara atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampu.
Kata sejarah itu sendiri berasal dari bahasa Arab 'syajaratun' yang berarti pohon kayu yang bercabang-cabang. Pohon kayu yang bercabang-cabang diibaratkan sebagai sejarah karena sejarah berkembang dari satu titik kejadian bercabang ke titik kejadian yang lain yang saling berhubungan. Pohon yang bercabang-cabang juga diibaratkan sebagai suatu silsilah keturunan dari suatu individu, raja atau orang-orang penting pada masa lampau.
Sedangkan dalam bahasa Jawa, sejarah diistilahkan sebagai 'babad' yang berarti riwayat dan sejarah. Kata 'babad' juga bisa berarti memotong tumbuhan dengan pisau sehingga terang. Begitulah fungsi sejarah, mengurai kejadian di masa lalu sehingga jelas dan terang mengenai apa yang sebenarnya terjadi.[1]
Sebagai mana juga dengan desa ganjaran mesti harus di tulis sejarah sebagai mana mesti sejarah-sejarah yang lain, desa ganjaran terkenal dengan desa para preman dan penjudi pada awal tetapi akhir timbul sosok filosofi yang tidak menampakkan identitas sebgai seorang filosof bahkan bergaul dengan lingkunggan sekitar dengan berjalannya zaman semakin hari desa ganjaran semakin berubah hal ini karena gigihnya perjuanggan filosof tersebut inggin meruh desa ganjaran menjadi desa yang lebih baik untuk selanjutnya. Filosofi tersebut terkenan dengan jlukan kiyai Tombu atau nama aslinya K H Zainal Alim, nama julukan filusofi (Tombu) ini bukan hanya sedar nama biaya nama tersebut mempuanya keistimewaan masing-masing ada yang mengatakan bahwa nama tersebut di ambil nari timbulnya beliau dengan tampa setatus tiba-tiba ada di desa ganjaran dan juga yang mengatakan bahwa biarpu beliau sudah sebuh tapi giginya selalu tumbuh seperti bayi yang baru melahir.  sekarang desa ganjaran sudqah tidak seperti dlu bahkan desa ganjaran menpunaya julukan desa marjuasual ilmu hal ini yang di ungkapkan oleh almarhum K H Qosim Bukhori selaku pengasuh pondok pesantren Raudalatul Ulum putugrejo mengapa beliau mengatkan hal demi kian karena di desa ganjaran sekarang terkenal dengan desa santri bahkan di ganjaran terdiri 15 pesantren yang mana pengasuhnya yang berbeda-beda.

2.      RUMUSAN MASALAH
a.       Bagaimana Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang.
















BAB II
ISI
A.    Asal Berdirinya Pondok Pesantren di Ganjaran
Sebagainya yang sudah saya uraikan di atas pada alinia ke empat bahwanyasanya asal mula berkembanggan desa ganjaran karena datang seorang filososi yang berna K H Zainal Alim selaku pengasuh pondok pesantren Zainul Ulum, dengan berkembangnya zaman dan perubah kultur pedesaan yang awalnya banyak preman dan pemain judi maka untuk mengimbanggin hal tersebut tidak terulang kembali maka didirkannya lembaga pendidikan pondok pesantren Zainul ulum yang di plopori oleh K H Zainul Alim unutk terbentuknya pondok pesantren di desa ganjaran ini bukan hanya beliau yang berperang untuk melawan dan melestrika kultur masyarakat ganjaran sehinggan ada sosok kiya yang bernama K H Bukhori Ismail yang asanya dari ompul madura datang ke ganjaran dengan mendirikan pondok pesantren yang bernama pondok pesantren Radlatul Ulum V Al-Bukhori yang dengan awalnya sistem mengajar dilakukan di emperan masjid dengan mengunakan sistim bandonggan dalam pengajaran denga beriringnya waktu maka kiyai Bukhori di bantu oleh mantunya kiyai Yahya Sabrowi beliau adalah pendiri pondok pesantren Raudalatul Ulum I dalam sistem mengar di mesjid tersebut.
Dengan berjalannya zaman maka para sesepuh tersebut mempunya keingginak membuka pendidikan forwal yang diatasnamakan lembaga pesetren dengan nama pendidikan Rudlatul Ulum Putra dan putri, biarpun di desa ganjaran didirikan lembaga pendidikan formal tetapi tetap tidak menhilangkan sistem pesantren yang antara putra dan putri piasah hal ini juga di terapkan di lembaga pendidikan formalnya tersebut yang mana antara sekolahan putra dan putri tidak dalam satu kelas tetati perbeda biarpun satu lingkungan raudalatul ulum.
Sejak ada lemga non formal yang sepuh dan pendidikan formal yang sepuh tersebutlah maka berdirilah berbagai pondok pesantren ganjaran dengan mempuanyai karakter dan pengasuh masing-masing tetapi biarpun berbeda pengasung para kiyai pengasuh di pesantren ganjaran tersebut mempunya ikatan saudara satu sama lain sehinggan bapak Sifus Zuhri selaku mutin di bali desa ganjaran beliau mengatakan sekarang desa ganjaran dikatagorikan desa terbanyak pondok pesantren semalang selatan mengapa demikian karena di desa ganjaran ada 15 pondok pesantren.
Dengan uraiyan sejarah berdirinya pesantren di desa ganajarn maka saya kaitan dengan ungkapan Arnold J. Toynbee memberi kesimpulan yaitu dalam gerak sejarah tidak terdapat hukum tertentu yang menguasai dan mengatur timbul tenggelamnya kebudayaan-kebudayaan dengan pasti (Tamburaka, 1999: 65).[2] Sudah jelas bahwa penulisan sejarah mesti menguraikan cikal bakal dari pengebangan dari suaru desa jadu sudah jelas dari sejarah yang saya tuliah bahwa ada objek yang berlaku atau pelopor perdirinya pondok pesantren di desa ganjaran gondanglegi malang.
DI BAWAH INI NAMA-NAMA LEMBAGA FORMAL DAN NON FORAL DAN NAMA-NAMA PENGASUHNYA
No
Lembaga Non Formal
Lembaga Formal
Pendiri
1
RU I
RA, MI, SMA, MTS, SMK
K H Yahya Sobrowi
2
RU II
MI, SMA, MTS
K H Qosim bukhori
3
AL-BUKHORI RU V
MI, SMA, MTS
K H Bukhori Ismail
4
MIFTAHUL ULUM RU IV

K H Hannan
5
MUBTADI’IN RU VI

K H Sonhaji
6
AL-FUDHOLI
MI, SMA, MTS
K H Fudoli Bukhori
7
ZAINUL ULUM
MI, SMA, MTS
K H Zainul Alim
8
AL AZHAR

Muhammad Kholil
9
ASSANAMIYAH

K H Samsuri
10
RU III

K H Zainullah
11
TAHFIDUL QUR’AN

K H Hakim
12
TARBIYATUL BENAT

K Syafi’i
13
AL FALAH
RA,MI, SMA, MTS, SMK
K H Mustofa
14
MANSA’UL ULUM
RA,MI, MA, MTS
K H Alifi
15
HUBBUN NABI

K H Muhammad

B.     Prekonomian Desa Ganjaran
Prekonomian masyarakat ganjaran sama seperti desa yang lainnya tani tebu dan sebagainya namun biarpun pengahasilan yang sedemikian rupa masyarakat ganjran tetap bisa berkembang sebgaimana mestinya desa yang lainnya, prekonomian yang di hadapi desan ganjaran tidak begitu buruk hambir separuh dari sekian banyaknya penduduk di katagorikan mampu dalam prekenomiannya selain dari prekonomian masyarakat ganjar juga banyak masyarakat yang memiliki keilmuan yang bisa bersaing dengan desa-desa lainnya mengapa demikian karena di desa ganjaran juga banyak para guru yang sudah menyelesaikan lembaga pendidikan yang sederajat dengan yang lainnya baik lulusan S1, S2 san bahkan ada juga yang lulusan S3 hal ini lah yang menjadi tolh ukur bhawa desa ganjaran sudah sanggat berkembangdari pada yang dulu baik dari sitem penigkatan pesantren, tennggan pengajar dan perekonomian yang ada di desa ganjaran.

















BAB III
KESIMPULAN

Kesimpulan menurut saya dari urayan di tasa bahwa sannya perkembangan pondok pesantren densa desa ganjaran sanggat lah pesat pada saat ini baik dari segi tempat sistem pengjarannya yang awalnya hanya dilakukan pengajian di emperan masjid dan memakai sistem bandongan tepai sekrang sudah memiliki fasilitas atau tempat sendiri-sendiri yang di plopori oleh berbaga pengasuh dan bahkan sistem pengajaranny bukan hanya memakai sistem bandongan saja tetapi sudah memakai kurikulum atau pembelajaran media yang sudah di lakukan di sekolah formal.
Selain hal ini saya juga bisa menyimpulkankan bahwa desa ganjaran yang awalnya terkenal dengan desa preman tetapi sekrang bhkan terkenal dengan desa santri kenapa demikian karena desa ganjran terkenal dengan sebutan desa santri yang terbanyak di bagian malang selatan demikian yang dapat saya simpulkan kurang dan lebihnya saya minta maf yang tak terhingga.














DAFTAR PUSTAKA
Iyon (23 february 2015) pengertian-sejarah-istilah-bahasa-para http://www.zonasiswa.com
Radit (04 mie 2014) teori-sejarah-menurut pakar  http://indonesiadalamsejarah.blogspot.com




[1] http://www.zonasiswa.com/2014/05/pengertian-sejarah-istilah-bahasa-para.html
[2] http://indonesiadalamsejarah.blogspot.com/2014/04/teori-sejarah-menurut-arnold-j-toynbee.html
0 Komentar "SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN GANJARANG GONDANGLEGI MALANG"

Back To Top