POLA PEMBELAJARAN TA’LIM
MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI
ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG
SKRIPSI
Diajukan untuk
Memenuhi Persyaratan
Mencapai Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI.)
Oleh:
KHOLILURROHIM
NIM. 201008400010051
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00319
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM (STAI) AL-QOLAM
GONDANGLEGI MALANG
2014
POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI
ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG
SKRIPSI
Diajukan untuk
Memenuhi Persyaratan
Mencapai Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI.)
Oleh:
KHOLILURROHIM
NIM. 201008400010051
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00319
Dibimbing oleh:
H. Muhammad Madarik, S.S., M.A. (Pembimbing I)
Abdurrahman, S.HI., M.Pd. (Pembimbing II)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM (STAI) AL-QOLAM
GONDANGLEGI MALANG
2014
PERNYATAAN KEASLIAN
Demi
Allah swt., saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa laporan penelitian
yang berjudul:
POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI
NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG
adalah
benar-benar karya tulis ilmiah saya sendiri, bukan hasil plagiasi dari karya
tulis ilmiah orang lain. Apabila di kemudian hari terbukti bahwa laporan
penelitian saya ini merupakan hasil plagiasi, maka saya menyatakan siap
menanggung segala konsekuensi hukumnya, termasuk pencabutan kesahan laporan
penelitian ini berikut gelar akademik saya.
|
|
Malang......../........ 2014
|
|
|
|
|
|
Peneliti,
|
|
|
|
|
|
KHOLILURROHIM
|
|
|
NIM. 201008400010051
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00319
|
PERSETUJUAN
PEMBIMBING I
Setelah
memeriksa dan menelaah aspek materi dan metode penelitian pada naskah skripsi:
Judul : Pola Pembelajaran Ta’lim Muta’allim Dan Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren
Ganjaran Gondanglegi Malang
Nama Peneliti : Kholilurrohim
NIM : 201008400010051
NIMKO : 2010.4.084.0001.1.00319
Program Studi : Pendidikan
Agama Islam (PAI)
Maka saya
nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diujikan
dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).
|
|
Malang, ......./.......2014.
|
|
|
|
|
Mengetahui:
|
Pembimbing I,
|
|
Kaprodi PAI
|
|
|
Muhammad Adib, M.Ag.
|
H. M. Madarik, S,S,. M.A.
|
|
NIY. 1999.01.024
|
NIY. 2003.01.032
|
PERSETUJUAN
PEMBIMBING II
Setelah
memeriksa dan menelaah aspek tata bahasa dan teknis penulisan pada naskah skripsi:
Judul : Pola Pembelajaran Ta’lim Muta’allim Dan Implementasi
Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang
Nama Peneliti : Kholilurrohim
NIM : 201008400010051
NIMKO : 2010.4.084.0001.1.00319
Program Studi : Pendidikan
Agama Islam (PAI)
maka saya
nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diujikan
dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).
|
|
Malang, ......./..... 2014.
|
|
|
|
|
Mengetahui:
|
Pembimbing II,
|
|
Kaprodi PAI
|
|
|
Muhammad Adib, M.Ag.
|
Abdurrahman, S.HI., M.Pd.
|
|
NIY. 1999.01.024
|
NIY. 2003.01.029.
|
PENGESAHAN
SKRIPSI
Skripsi yang
berjudul:
POLA
PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN
GANJARAN GONDANGLEGI MALANG
Nama Peneliti : Kholilurrohim
NIM : 201008400010051
NIMKO : 2010.4.084.0001.1.00319
Program Studi : Pendidikan
Agama Islam (PAI)
dinyatakan telah
memenuhi syarat untuk disahkan.
|
|
Malang, ...../..... 2014.
|
|
|
|
|
|
|
Ketua Sidang,
|
Sekretaris Sidang,
|
|
|
|
|
|
|
Drs. H. Syamsul A’dlom, M.A
|
H. Syukron Lillahil’adzim, S.HI, M.A
|
|
|
NIY. 1997.01.004
|
NIY. 2003.01.031
|
|
|
|
|
|
|
Penguji Utama,
|
||
|
|
|
|
|
Siti A’isyah, SAg., M.A.
|
||
|
NIY. 2005.01.047.
|
||
|
|
|
|
|
Mengesahkan:
Ketua STAI Al-Qolam,
|
||
|
|
|
|
|
Drs. Nur Qomari, M.Si.
|
||
|
NIY. 1999.01.020
|
||
Manusia hidup tidak akan pernah
lepas dari yang namanya ahlaqul karimah
yang baik dalam beriteraksis sosial dengan
sesamanya didunia. Sebagai mana yang dijelaskan dalam kitab Ta’lῑm Muta’allῑm:
وكذلك فىي سا ئر الاخلاق, نحوالجودوالبخل والجبن والجراةوالتكبر, والتواضع,
والعفة, والاسراف, والتقصير, وغيرها.
“ Setiap manusia juga wajib mempelajari ilmu mengenai
segala etika (akhlak), seperti kedermawanan, kikir, takut, keberanian,
kesombongan, kerendahan hati, menjaga diri dari dosa, berlebih-lebihan, iri dan
lainya sebagainya”
Maka dari itu kita wajib untuk
mempelajari ilmu ahlak karna hal itu yang akan menjadi penuntun bagi kita untuk
menuju jalan yang baik.
“tiada kata lelah untuk belajar”
Skripsi ini khusus
ku persembahkan kepada orang-orang yang telah memberiku motivasi, moral.
materiel maupun spritual dalam penyusunan skripsi ini.
Ø Ayahanda Suryadi dan Ibunda Khoiriyah
tersayang dan terkasih, yang senantiasa setiap saat dan setiap waktu selalu
mendo’akan aku dan selalu memberikan motivasi dan dorongan sehingga aku bisa
menyelesaikan studiku ini sampai selesai.
Ø Kakak dan Adik-Adikku, Sumiyati S.Pdi., Kharis Rosih dan Khoirul
Umam, yang selalu mendukungku setiap saat dan selalu ada di saat aku
butuhkan sehingga aku bisa megetahui pentingnya pendidikan bagi kehidupanku.
Ø Segenap keluarga besarku yang selalu
mendukungku sehingga aku bisa menyelesaikan skripsi ini tepat pada waktunya
Ø KH. Mujtaba Bukhori dan Ny, H. Surohah yang telah memberikan dorongan dan do’a.
Ø Bdr. H. M. Hasbullah Huda. M.Ag
beserta Nyi Farhatun Nisa’. M.Pdi
dan kedua putra-putrinya yang sangat ganteng dan cantik dan menggemaskan,
semoga pada saatnya nanti bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang
tua mereka, serta bisa membuat kedua orang tuanya tersenyum karena
keberhasilannya.
Ø Seluruh civitas akademis STAI AL-QOLAM.
Ø Segenap guru-guru dan dosen yang selalu
bersabar dan selalu mengajariku tentang pendidikan sehingga aku bisa seperti
sekarang ini.
Ø Kepada dosen pembimbing I H. Muhammad Madarik, S.S., M.A. dan
pembimbing II Abdurrahman, S.HI., M.Pd.
yang selalu sabar dalam mengarahkan selesainya skripsi ini.
Ø Kepada temen tercintaku Yayak Malmalah Farhani yang selalu
memberikan dorongan dan bantuan baik dari segi material dan nonmaterial sehingga
saya bisa menyelesaikan skripsi ini.
Ø Kepada temen kamarku Muhammad Yanto Misjar yang selalu
menemani saya dalam menyelesaikan skripsi ini.
Ø Seluruh temen-temen mahasiswa STAI
AL-QOLAM yang telah memberikan dorongan dan do’a sehingga aku bisa menyelesaikan
studi terakhirku ini khususnya temen-temen satu angkatanku dan masih banyak
lagi semua rekan dan temen yang tidak bisa aku ucapkan.
Ø Buat Ketua Pondok Pesantren RU I, IV
dan V Ganjaran Gondanglegi Malang beserta elemen-elemen yang membantu aku
sehingga terselesainya skripsi ini.
Ø Buat sahabat-sahabat ku di PONPES Al-BUKHORI yang selalu
memberikan semangat sehingga aku bisa termotivasi untuk segera menyelesaikan
studi ini.
Ø Untuk calon Istriku Nanti.
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
puji syukur keharibaan ilahi robbi yang maha di atas segala-galanya, semoga
rahmat dan hidayah-Mu selalu tercurahkan kepada hamba-hamba-Mu yang senantiasa
mengingat dan menyanjung-Mu.
Sholawat ma’as
salam senantiasa kami haturkan kepada baginda Rosulullah Saw yang telah
merelakan hidup beliau hanya untuk kemaslahatan umat-Nya.
Karena ridho Allah
SWT penulisan skripsi ini telah terselesaikan dengan judul “Pola Pembelajaran Ta’lim Muta’allim Dan Implementasi
Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang”.
Dengan terselesaikannya penulisan
skripsi ini, penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada berbagai pihak
yang telah banyak memberiku motivasi dan telah banyak memberiku kekuatan
materil maupun imateril sehingga penulisan skripsi ini bisa terselesaikan
dengan tepat pada waktunya, lebih khususnya dengan segala hormat dan dengan
ungkapan rasa banyak terimaksih yang tiada terhingga penulis haturkan kepada :
1.
Ayahanda Suryadi dan ibunda khoiriyah tersayang, yang telah rela
maluangkan waktunya untuk merawatku dari kecil hingga aku bisa sebesar dan
sesukses seperti hari ini.
2.
KH. Mujthaba Bukhori dan Nyi. H.
Surohah sekeluarga, selaku pengasuh pondok pesantren Al-Bukhori I
Raudlhatul Ulum V, yang selalu membimbingku kejalan allah SWT.
3.
Bapak Nur Qomari, S. Ag M. Si,
selaku pimpinan STAI AL-QOLAM
4.
Bapak Muhammad Adib, M. Ag selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam STAI
AL-QOLAM.
5.
Bapak H. Muhammad Madarik, S.S.,
M.A. selaku Rektor kampus STAI AL-Qolam dan sekaligus dosen pembimbing I
dalam penulisan skripsi ini
6.
Bapak Abdurrahman, S. Hi. M, Pd selaku pembimbing II penulisan skripsi
ini.
7.
Semua staf pengajar STAI AL-QOLAM
8.
Abdurrohim Said S.Pdi. Jamluddin S.Pdi
dan Ulil Absor selaku ketua
pondok pesantren RU I, V dan IV Ganjaran Gondanglegi Malang yang selalu
membantuku untuk menyelesaikan penulisan skripsi ini.
9.
Guru-guru, staf pengurus dan sahabat-sahabatku putra-putri pondok pesantren
AL-BUKHORI I RAUDLHATUL ULUM V.
Malang,............/....2014
Penulis
Kholilurrohim
Nim: 201008400010051
Nimko: 2010.4.084.0001.1.00319
ABSTRAK
Kholilurrohim. 2014. Pola Pembelajaran Ta’lῑm Muta’allῑm Dan Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren
Ganjaran Gondanglegi Malang.
Pembimbing I: H. Muhammad
Madarik, S.S., M.A. Pembimbing II: Abdurrahman, S.HI., M.Pd.
Kata-kata Kunci: pola pembelajaran ta’lim muta’lim dan implementasi nilai-nilai etika
belajar.
Fokus penelitian ini adalah kualitatif yang mana
terdiri dari rumusan maslah di antaranya : 1. Bagaimana pola pembelajaran etika belajar dalam Kitab Ta’lῑm Muta’allῑm di pesantren
Ganjaran Gondanglegi Malang. 2.Bagaimana Implementasi
nilai-nilai etika belajar dalam kitab Ta’lῑm Muta’allῑm di pesantren
Ganjaran Gondanglegi Malang.
Metodelogi dalam peneliti ini
untuk menjawab rumusan masalah di atas memakai Metode Interview (Wawancara),
Metode Observasi dan Metode Dukumentasi.
Data yang dapat disajikan oleh
peneliti di antaranya: sejarah pesantren, struktur organisasi pesantren,
struktur kelas, sarana dan prsarana pesantren, kitab yang diajarkan di
pesantren, jumlah santri di pesantren dan data hasil wawancara dengan pengasuh,
pengurus, ustadz dan satri.
Dengan penjelasan di atas sehinga
mendapatkan kesimpulan tentang pola pemebelajaran Ta’lῑm Muta’allῑm di pesantren
dan implementasi nilai-nilai etika dalam kitab Ta’lῑm Muta’allῑm di pesantren.
DAFTAR ISI
|
SAMPUL LUAR
|
i
|
|||
|
HALAMAN JUDUL
|
ii
|
|||
|
PERNYATAAN KEASLIAN
|
iii
|
|||
|
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING
|
v
|
|||
|
HALAMAN PENGESAHAN
|
vi
|
|||
|
HALAMAN MOTTO
|
vii
|
|||
|
HALAMAN PERSEMBAHAN
|
viii
|
|||
|
KATA PENGANTAR
|
x
|
|||
|
ABSTRAK
|
xii
|
|||
|
DAFTAR ISI
|
xiii
|
|||
|
DAFTAR TABEL
|
xvi
|
|||
|
DAFTAR GAMBAR
|
xvii
|
|||
|
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
|
A.
|
Latar Belakang Masalah
|
1
|
|
|
|
B.
|
Rumusan Masalah
|
7
|
|
|
|
C.
|
Tujuan Penelitian
|
8
|
|
|
|
D.
|
Kegunaan Penelitian
|
8
|
|
|
|
E.
|
Peneliti Terdahulu
|
9
|
|
|
|
F.
|
Kerangka Teori
|
11
|
|
|
|
G.
|
Metode Penelitian
|
15
|
|
|
|
H.
|
Sistematika Penelitian
|
17
|
|
BAB II
|
:
|
KAJIAN PUSTAKA
|
|
|
|
|
|
A.
|
Pengertian Pola Pembelajaran
|
20
|
|
|
|
B.
|
Model Pembelajaran Terpadu
|
24
|
|
|
|
C.
|
Karakteristik Pembelajaran Terpadu
|
28
|
|
|
|
D.
|
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Belajar
|
29
|
|
|
|
E.
|
Sistem Pembelajaran dalam Standar
Proses Pembelajaran
|
33
|
|
|
|
F.
|
Mengembangkan Kecerdasan Ganda dala
Kegiatan Pembelajaran
|
37
|
|
|
|
G.
|
Pengertian Implementasi
|
38
|
|
|
|
H.
|
Sejarah Pengarang Kitab Ta’lim
|
41
|
|
|
|
I.
|
Pengertian Etika
|
43
|
|
|
|
J.
|
Nilai-Nilai Etika dalam Kitab Ta’lim
|
45
|
|
|
|
K.
|
Pengertian Pondok Pesantren
|
50
|
|
BAB III
|
:
|
METODE PENELITIAN
|
|
|
|
|
|
A.
|
Pendekatan dan Jenis Penelitian
|
55
|
|
|
|
B.
|
Penentuan Populasi dan Sampel
|
56
|
|
|
|
C.
|
Sumber Data dan Data
|
57
|
|
|
|
D.
|
Teknik Pengumpulan Data
|
58
|
|
|
|
E.
|
Teknik Analisi Data
|
61
|
|
BAB IV
|
:
|
HASIL PENELITIAN
|
|
|
|
|
|
A.
|
Gambaran Umum Onjek Penelitian
|
63
|
|
|
|
1.
|
Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren
Raudaltul Ulum I Putra
|
63
|
|
|
|
a.
|
Sejarah Singkat Berdirinya Pondok
Pesantren Raudaltul Ulum I Putra
|
63
|
|
|
|
b.
|
Visi Pondok Pesantren
|
65
|
|
|
|
c.
|
Misi Pondok Pesantren
|
66
|
|
|
|
d.
|
Struktur Organisasi Pondok Pesantren
Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
67
|
|
|
|
e.
|
Struktur Organisasi Kelas
|
68
|
|
|
|
f.
|
Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren
Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
69
|
|
|
|
g.
|
Kitab-Kitab yang Diajarkan dalam
Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondangleegi Malang
|
71
|
|
|
|
h.
|
Santri Pondok Pesantren Raudlatul Ulum
I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
74
|
|
|
|
2.
|
Sejarah Pondok Pesantren Miftahul Ulum
Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
76
|
|
|
|
a.
|
Sejarah Singkat Pondok Pesantren
Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
76
|
|
|
|
b.
|
Visi Pondok Pesantren
|
78
|
|
|
|
c.
|
Misi Pondok Pesantren
|
78
|
|
|
|
d.
|
Struktur Organisasi Pondok Pesantren
Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
79
|
|
|
|
e.
|
Struktur Organisasi Kelas
|
81
|
|
|
|
f.
|
Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren
Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
82
|
|
|
|
g.
|
Kitab-Kitab yang Diajarkan dalam
Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondangleegi
Malang
|
83
|
|
|
|
h.
|
Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum
Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
85
|
|
|
|
3.
|
Sejarah Pondok Pesantren
Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra
Ganjaran Gondanglegi Malang
|
87
|
|
|
|
a.
|
Sejarah Singkat Pondok Pesantren
Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra
Ganjaran Gondanglegi Malang
|
87
|
|
|
|
b.
|
Visi Pondok Pesantren
|
89
|
|
|
|
c.
|
Misi Pondok Pesantren
|
89
|
|
|
|
d.
|
Struktur Organisasi Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi
Malang
|
90
|
|
|
|
e.
|
Struktur Organisasi Kelas
|
92
|
|
|
|
f.
|
Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren
Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra
Ganjaran Gondanglegi Malang
|
93
|
|
|
|
g.
|
Kitab-Kitab yang Diajarkan dalam
Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul
Ulum IV Putra Ganjaran Gondangleegi Malang
|
94
|
|
|
|
h.
|
Santri Pondok Pesantren Al-Bukhori
Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
|
96
|
|
|
|
B
|
Pemeriksaan Data
|
98
|
|
|
|
C.
|
Analisis Data
|
100
|
|
|
|
1.
|
Bagaimana
Pola Pembelajaran Ta’lim di Pesantren Ganjaran
Gondanglegi Malang
|
101
|
|
|
|
2.
|
Bagaimana
Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Dalam Kitab Ta’lim Muta’lim di
Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang
|
107
|
|
|
|
D
|
Analisis Data Mendalam
|
116
|
|
Bab V
|
:
|
KESIMPULAN
|
|
|
|
|
|
A.
|
Kesimpulan
|
118
|
|
|
|
B.
|
Saran
|
118
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
|
|
|||
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
|
|||
DAFTAR
TABEL
Tabel 4.1. : Sarana dan
Prasarana Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang 69
Tabel 4.2. : Daftar
Kitab Kuning Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi
Malang....................................................73
Tabel 4.3. : Jumlah
Santri Pondok Pesantren Raudalatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang 75
Tabel 4.1. : Sarana
dan Prasarana Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran
Gondanglegi Malang..................................................................... 83
Tabel 4.2. : Daftar
Kitab Kuning Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran
Gondanglegi Malang..................................................................... 84
Tabel 4.3. : Jumlah
Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudalatul Ulum IV Putra Ganjaran
Gondanglegi Malang........................................................................................... 86
Tabel 4.1. : Sarana
dan Prasarana Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran
Gondanglegi Malang........................................................................................... 94
Tabel 4.2. : Daftar
Kitab Kuning Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran
Gondanglegi Malang........................................................................................... 95
Tabel 5.2. : Jumlah
Santri Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudalatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi
Malang 97
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1. : Struktur
Organisasi Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang 67
Gambar 1.2. : Struktur
Organisasi Kelas VI B Tahun 2013-2014 Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra
Ganjaran Gondanglegi Malang ..................................................... 68
Gambar 1.1. : Struktur
Organisasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Ganjaran
Gondanglegi Malang........................................................................................... 80
Gambar 1.2. : Struktur
Organisasi Kelas A Tahun 2013-2014 Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul
Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
.......................................... 81
Gambar 1.1. : Struktur
Organisasi Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Ganjaran Gondanglegi
Malang 91
Gambar 4.1. : Struktur
Organisasi Kelas IV Tahun 2013-2014 Pondok Al-Bukhori Pesantren Raudlatul Ulum
I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang............................................ 92
0 Komentar "pola pembelajaran ta'lim"