pola pembelajaran ta'lim



POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG



SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan
Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI.)


Oleh:
KHOLILURROHIM
NIM. 201008400010051
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00319













PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AL-QOLAM
GONDANGLEGI MALANG
2014



POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG



SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan
Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI.)








Oleh:
KHOLILURROHIM
NIM. 201008400010051
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00319



Dibimbing oleh:
H. Muhammad Madarik, S.S., M.A. (Pembimbing I)
Abdurrahman, S.HI., M.Pd.  (Pembimbing II)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AL-QOLAM
GONDANGLEGI MALANG
2014

PERNYATAAN KEASLIAN




Demi Allah swt., saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa laporan penelitian yang berjudul:

POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG

adalah benar-benar karya tulis ilmiah saya sendiri, bukan hasil plagiasi dari karya tulis ilmiah orang lain. Apabila di kemudian hari terbukti bahwa laporan penelitian saya ini merupakan hasil plagiasi, maka saya menyatakan siap menanggung segala konsekuensi hukumnya, termasuk pencabutan kesahan laporan penelitian ini berikut gelar akademik saya.



Malang......../........ 2014



Peneliti,








KHOLILURROHIM

NIM. 201008400010051
NIMKO. 2010.4.084.0001.1.00319






PERSETUJUAN PEMBIMBING I


Setelah memeriksa dan menelaah aspek materi dan metode penelitian pada naskah skripsi:

Judul                      : Pola Pembelajaran Ta’lim Muta’allim Dan Implementasi  Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang

Nama Peneliti        : Kholilurrohim
NIM                       : 201008400010051
NIMKO                 : 2010.4.084.0001.1.00319
Program Studi        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Maka saya nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diujikan dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).







Malang, ......./.......2014.


Mengetahui:
Pembimbing I,
Kaprodi PAI






Muhammad Adib, M.Ag.
H. M. Madarik, S,S,. M.A.
NIY. 1999.01.024
NIY. 2003.01.032





PERSETUJUAN PEMBIMBING II


Setelah memeriksa dan menelaah aspek tata bahasa dan teknis penulisan pada naskah skripsi:

Judul                      : Pola Pembelajaran Ta’lim Muta’allim Dan Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang

Nama Peneliti        : Kholilurrohim
NIM                       : 201008400010051
NIMKO                 : 2010.4.084.0001.1.00319
Program Studi        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

maka saya nyatakan bahwa naskah skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diujikan dalam Sidang Ujian Skripsi (Munaqasyah).


Malang, ......./..... 2014.


Mengetahui:
Pembimbing II,
Kaprodi PAI






Muhammad Adib, M.Ag.
Abdurrahman, S.HI., M.Pd.
NIY. 1999.01.024
NIY. 2003.01.029.










PENGESAHAN SKRIPSI


Skripsi yang berjudul:

POLA PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BELAJAR DI PESANTREN GANJARAN GONDANGLEGI MALANG

Nama Peneliti        : Kholilurrohim
NIM                       : 201008400010051
NIMKO                 : 2010.4.084.0001.1.00319
Program Studi        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

dinyatakan telah memenuhi syarat untuk disahkan.


                Malang, ...../..... 2014.


Ketua Sidang,
                Sekretaris Sidang,





Drs. H. Syamsul A’dlom, M.A
H. Syukron Lillahil’adzim, S.HI, M.A
NIY. 1997.01.004
                NIY. 2003.01.031


Penguji Utama,





Siti A’isyah, SAg., M.A.
NIY. 2005.01.047.


Mengesahkan:
Ketua STAI Al-Qolam,





Drs. Nur Qomari, M.Si.
NIY. 1999.01.020
                                                                                                                                            
                                                                                               


Manusia hidup tidak akan pernah lepas dari  yang namanya ahlaqul karimah yang baik dalam beriteraksis sosial dengan  sesamanya didunia. Sebagai mana yang dijelaskan dalam kitab Ta’lm Muta’allm:
وكذلك فىي سا ئر الاخلاق, نحوالجودوالبخل والجبن والجراةوالتكبر, والتواضع, والعفة, والاسراف, والتقصير, وغيرها.

Setiap manusia juga wajib mempelajari ilmu mengenai segala etika (akhlak), seperti kedermawanan, kikir, takut, keberanian, kesombongan, kerendahan hati, menjaga diri dari dosa, berlebih-lebihan, iri dan lainya sebagainya”

Maka dari itu kita wajib untuk mempelajari ilmu ahlak karna hal itu yang akan menjadi penuntun bagi kita untuk menuju jalan yang baik.
“tiada kata lelah untuk belajar”





Skripsi ini khusus ku persembahkan kepada orang-orang yang telah memberiku motivasi, moral. materiel maupun spritual dalam penyusunan skripsi ini.
Ø  Ayahanda Suryadi dan Ibunda Khoiriyah tersayang dan terkasih, yang senantiasa setiap saat dan setiap waktu selalu mendo’akan aku dan selalu memberikan motivasi dan dorongan sehingga aku bisa menyelesaikan studiku ini sampai selesai.
Ø  Kakak dan Adik-Adikku, Sumiyati S.Pdi., Kharis Rosih dan Khoirul Umam, yang selalu mendukungku setiap saat dan selalu ada di saat aku butuhkan sehingga aku bisa megetahui pentingnya pendidikan bagi kehidupanku.
Ø  Segenap keluarga besarku yang selalu mendukungku sehingga aku bisa menyelesaikan skripsi ini tepat pada waktunya
Ø  KH. Mujtaba Bukhori dan Ny, H. Surohah yang telah memberikan dorongan dan do’a.
Ø  Bdr. H. M. Hasbullah Huda. M.Ag beserta Nyi Farhatun Nisa’. M.Pdi dan kedua putra-putrinya yang sangat ganteng dan cantik dan menggemaskan, semoga pada saatnya nanti bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua mereka, serta bisa membuat kedua orang tuanya tersenyum karena keberhasilannya.
Ø  Seluruh civitas akademis STAI AL-QOLAM.
Ø  Segenap guru-guru dan dosen yang selalu bersabar dan selalu mengajariku tentang pendidikan sehingga aku bisa seperti sekarang ini.
Ø  Kepada dosen pembimbing I H. Muhammad Madarik, S.S., M.A. dan pembimbing II Abdurrahman, S.HI., M.Pd. yang selalu sabar dalam mengarahkan selesainya skripsi ini.
Ø  Kepada temen tercintaku Yayak Malmalah Farhani yang selalu memberikan dorongan dan bantuan baik dari segi material dan nonmaterial sehingga saya bisa menyelesaikan skripsi ini.
Ø  Kepada temen kamarku Muhammad Yanto Misjar yang selalu menemani saya dalam menyelesaikan skripsi ini.
Ø  Seluruh temen-temen mahasiswa STAI AL-QOLAM yang telah memberikan dorongan dan do’a sehingga aku bisa menyelesaikan studi terakhirku ini khususnya temen-temen satu angkatanku dan masih banyak lagi semua rekan dan temen yang tidak bisa aku ucapkan.
Ø  Buat Ketua Pondok Pesantren RU I, IV dan V Ganjaran Gondanglegi Malang beserta elemen-elemen yang membantu aku sehingga terselesainya skripsi ini.
Ø  Buat sahabat-sahabat ku di PONPES Al-BUKHORI yang selalu memberikan semangat sehingga aku bisa termotivasi untuk segera menyelesaikan studi ini.
Ø  Untuk calon Istriku Nanti.















KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur keharibaan ilahi robbi yang maha di atas segala-galanya, semoga rahmat dan hidayah-Mu selalu tercurahkan kepada hamba-hamba-Mu yang senantiasa mengingat dan menyanjung-Mu.
Sholawat ma’as salam senantiasa kami haturkan kepada baginda Rosulullah Saw yang telah merelakan hidup beliau hanya untuk kemaslahatan umat-Nya.
Karena ridho Allah SWT penulisan skripsi ini telah terselesaikan dengan judul “Pola Pembelajaran Ta’lim Muta’allim Dan Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang”.
            Dengan terselesaikannya penulisan skripsi ini, penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang telah banyak memberiku motivasi dan telah banyak memberiku kekuatan materil maupun imateril sehingga penulisan skripsi ini bisa terselesaikan dengan tepat pada waktunya, lebih khususnya dengan segala hormat dan dengan ungkapan rasa banyak terimaksih yang tiada terhingga penulis haturkan kepada :
1.      Ayahanda Suryadi dan ibunda khoiriyah tersayang, yang telah rela maluangkan waktunya untuk merawatku dari kecil hingga aku bisa sebesar dan sesukses seperti hari ini.
2.      KH. Mujthaba Bukhori dan Nyi. H. Surohah sekeluarga, selaku pengasuh pondok pesantren Al-Bukhori I Raudlhatul Ulum V, yang selalu membimbingku kejalan allah SWT.
3.      Bapak Nur Qomari, S. Ag M. Si, selaku pimpinan STAI AL-QOLAM
4.      Bapak Muhammad Adib, M. Ag  selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam STAI AL-QOLAM.
5.      Bapak H. Muhammad Madarik, S.S., M.A. selaku Rektor kampus STAI AL-Qolam dan sekaligus dosen pembimbing I dalam penulisan skripsi ini
6.       Bapak Abdurrahman, S. Hi. M, Pd selaku pembimbing II penulisan skripsi ini.
7.      Semua staf pengajar STAI AL-QOLAM
8.      Abdurrohim Said S.Pdi. Jamluddin S.Pdi dan Ulil Absor selaku ketua pondok pesantren RU I, V dan IV Ganjaran Gondanglegi Malang yang selalu membantuku untuk menyelesaikan penulisan skripsi ini.
9.      Guru-guru, staf pengurus dan sahabat-sahabatku putra-putri pondok pesantren AL-BUKHORI I RAUDLHATUL ULUM V.
                                                   




                                                                        Malang,............/....2014
                                                                                    Penulis


Kholilurrohim
Nim: 201008400010051
Nimko: 2010.4.084.0001.1.00319

























ABSTRAK



Kholilurrohim. 2014. Pola Pembelajaran Ta’lῑm Muta’allῑm Dan Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang. Pembimbing I: H. Muhammad Madarik, S.S., M.A. Pembimbing II: Abdurrahman, S.HI., M.Pd.

Kata-kata Kunci: pola pembelajaran ta’lim muta’lim dan implementasi nilai-nilai etika belajar.

Fokus penelitian ini adalah kualitatif yang mana terdiri dari rumusan maslah di antaranya : 1. Bagaimana pola pembelajaran etika belajar dalam Kitab Ta’lm Muta’allm di pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang. 2.Bagaimana Implementasi nilai-nilai etika belajar dalam kitab Ta’lm Muta’allm di pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang.
Metodelogi dalam peneliti ini untuk menjawab rumusan masalah di atas memakai Metode Interview (Wawancara), Metode Observasi dan Metode Dukumentasi.
Data yang dapat disajikan oleh peneliti di antaranya: sejarah pesantren, struktur organisasi pesantren, struktur kelas, sarana dan prsarana pesantren, kitab yang diajarkan di pesantren, jumlah santri di pesantren dan data hasil wawancara dengan pengasuh, pengurus, ustadz dan satri.
Dengan penjelasan di atas sehinga mendapatkan kesimpulan tentang pola pemebelajaran Ta’lm Muta’allm di pesantren dan implementasi nilai-nilai etika dalam kitab Ta’lm Muta’allm di pesantren.























DAFTAR ISI



SAMPUL LUAR
i
HALAMAN JUDUL
ii
PERNYATAAN KEASLIAN
iii
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING
v
HALAMAN PENGESAHAN
vi
HALAMAN MOTTO
vii
HALAMAN PERSEMBAHAN
viii
KATA PENGANTAR
x
ABSTRAK
xii
DAFTAR ISI
xiii
DAFTAR TABEL
xvi
DAFTAR GAMBAR
xvii
BAB I
:
PENDAHULUAN



A.
Latar Belakang Masalah
1


B.
Rumusan Masalah
7


C.
Tujuan Penelitian
8


D.
Kegunaan Penelitian
8


E.
Peneliti Terdahulu
9


F.
Kerangka Teori
11


G.
Metode Penelitian
15


H.
Sistematika Penelitian
17
BAB II
:
KAJIAN PUSTAKA



A.
Pengertian Pola Pembelajaran
20


B.
Model Pembelajaran Terpadu
24


C.
Karakteristik Pembelajaran Terpadu
28


D.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar
29


E.
Sistem Pembelajaran dalam Standar Proses Pembelajaran
33


F.
Mengembangkan Kecerdasan Ganda dala Kegiatan Pembelajaran
37


G.
Pengertian Implementasi
38


H.
Sejarah Pengarang Kitab Ta’lim
41


I.
Pengertian Etika
43


J.
Nilai-Nilai Etika dalam Kitab Ta’lim
45


K.
Pengertian Pondok Pesantren
50
BAB III
:
METODE PENELITIAN



A.
Pendekatan dan Jenis Penelitian
55


B.
Penentuan Populasi dan Sampel
56


C.
Sumber Data dan Data
57


D.
Teknik Pengumpulan Data
58


E.
Teknik Analisi Data
61
BAB IV
:
HASIL PENELITIAN



A.
Gambaran Umum Onjek Penelitian
63


1.
Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Raudaltul Ulum I Putra
63


a.
Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Raudaltul Ulum I Putra
63


b.
Visi Pondok Pesantren
65


c.
Misi Pondok Pesantren
66


d.
Struktur Organisasi Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang  
67


e.
Struktur Organisasi Kelas
68


f.
Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
69


g.
Kitab-Kitab yang Diajarkan dalam Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondangleegi Malang  
71


h.
Santri Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
74


2.
Sejarah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
76


a.
Sejarah Singkat Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
76


b.
Visi Pondok Pesantren
78


c.
Misi Pondok Pesantren
78


d.
Struktur Organisasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang 
79


e.
Struktur Organisasi Kelas
81


f.
Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
82


g.
Kitab-Kitab yang Diajarkan dalam Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondangleegi Malang  
83


h.
Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
85


3.
Sejarah Pondok Pesantren Al-Bukhori  Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
87


a.
Sejarah Singkat Pondok Pesantren Al-Bukhori  Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
87


b.
Visi Pondok Pesantren
89


c.
Misi Pondok Pesantren
89


d.
Struktur Organisasi Pondok Pesantren Al-Bukhori  Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang 
90


e.
Struktur Organisasi Kelas
92


f.
Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Al-Bukhori  Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
93


g.
Kitab-Kitab yang Diajarkan dalam Pondok Pesantren Al-Bukhori  Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondangleegi Malang  
94


h.
Santri Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang
96


B
Pemeriksaan Data
98


C.
Analisis Data
100


1.
Bagaimana Pola Pembelajaran Ta’lim di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang
101


2.
Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Dalam Kitab Ta’lim Muta’lim di Pesantren Ganjaran Gondanglegi Malang
107


D
Analisis Data Mendalam
116
Bab V
:
KESIMPULAN



A.
Kesimpulan
118


B.
Saran
118
DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN









DAFTAR TABEL




Tabel 4.1.   : Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang      69
Tabel 4.2.   : Daftar Kitab Kuning Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang....................................................73
Tabel 4.3.   : Jumlah Santri Pondok Pesantren Raudalatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang    75
Tabel 4.1.   : Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang..................................................................... 83
Tabel 4.2.   : Daftar Kitab Kuning Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang..................................................................... 84
Tabel 4.3.   : Jumlah Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudalatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang........................................................................................... 86
Tabel 4.1.   : Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang........................................................................................... 94
Tabel 4.2.   : Daftar Kitab Kuning Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang........................................................................................... 95
Tabel 5.2.   : Jumlah Santri Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudalatul Ulum V Putra Ganjaran Gondanglegi Malang                                                                                                        97




















DAFTAR GAMBAR




Gambar 1.1.  :  Struktur Organisasi Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Ganjaran Gondanglegi Malang    67
Gambar 1.2.  :  Struktur Organisasi Kelas VI B Tahun 2013-2014 Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang ..................................................... 68
Gambar 1.1.  :  Struktur Organisasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Ganjaran Gondanglegi Malang........................................................................................... 80
Gambar 1.2.  :  Struktur Organisasi Kelas A Tahun 2013-2014 Pondok Pesantren Miftahul Ulum Raudlatul Ulum IV Putra Ganjaran Gondanglegi Malang  .......................................... 81
Gambar 1.1.  :  Struktur Organisasi Pondok Pesantren Al-Bukhori Raudlatul Ulum V Ganjaran Gondanglegi Malang   91
Gambar 4.1.  :  Struktur Organisasi Kelas IV Tahun 2013-2014 Pondok Al-Bukhori Pesantren Raudlatul Ulum I Putra Ganjaran Gondanglegi Malang............................................ 92


0 Komentar "pola pembelajaran ta'lim"

Back To Top