pola pembelajaran ta'lim BAB V

BAB V
KESIMPULAN

A.  Kesimpulan
            Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah di kemukakan pada bab sebelumnya, maka secara umum penelitian ini dapat di simpulkan bahwa :
1.    Pola pembelajaran Ta’lῑm Muta’allῑm yang digunakan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I, IV dan V Ganjaran Gondanglegi Malang mengunakan dua metode Bandongan dan Sorongan untuk meningkatkan kualitas santri. Namun untuk mendapatkan hasil yang baik masih sangat minim sekali di capai oleh ketiga pesantren dikarnakan ada sebagian santri yang tidak mendengarkan ketika guru menjelaskan pelajaran.
2.    Implementasi dan nilai-nilai etika santri santri yang diajarkan dalam Ta’lῑm Muta’allῑm sangat relatif yang di terapkan oleh santri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I, IV dan V Ganjaran Gondanglegi Malang, yang di akibatkan oleh beberapa faktor di antaranya relatifnya santri berahlaq mengormati ilmu, menghormati guru, memuliakan kitab, memanfaatkan waktu belajar, mengambil pelajaran kepada yang lebih tua dan menghapat kiblat

B.       Saran-Saran
Dari hasil kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberikan saran-saran yang tidak menutup kemungkinan dapat mendatangkan manfaat bagi guru (ustad/ustadzah) untuk memberikan pola pembelajaran yang baik dan mengarahkan kepada santri untuk menerapkan nilai-nilai etika yang ada dalam kitab ta’lim muta’lim, maka penullis dapat memberikan saran sebagai berikut:
1.      Diharapkan kepada segenap guru hendaklah dalam pola pembelajarannya sesuai dengan apa yang ada di dalam kitab ta’lim muta’lim, supaya santri tidak bisan dalam menerima penjelasan guru dan juga supaya santri bisa senang dalam menerima penjelasan guru.
  1. Santri hendaknya selalu mendengarkan apa yang diberikan oleh guru-gurunya sehingga menjadi santri yang rajin dan menjadi santri yang berguna bagi agama, Nusa dan Bangsa, karena belajar ta’lim muta’lim  sangat penting bagi kita untuk bekal bersosial dengan masyarakat nantinya.
Demikian beberapa kesimpulan dan saran-saran yang dapat penulis sajikan dalam skripsi ini, semoga skripsi ini dapat manfaat bagi kita semua khususnya penulis sendiri.


0 Komentar "pola pembelajaran ta'lim BAB V"

Back To Top