BAB
V
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data yang telah di kemukakan pada bab sebelumnya, maka secara umum
penelitian ini dapat di simpulkan bahwa :
1. Pola pembelajaran Ta’lῑm Muta’allῑm yang digunakan
di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I, IV dan V Ganjaran Gondanglegi Malang
mengunakan dua metode Bandongan dan Sorongan untuk meningkatkan kualitas
santri. Namun untuk mendapatkan hasil yang baik masih sangat minim sekali di
capai oleh ketiga pesantren dikarnakan ada sebagian santri yang tidak
mendengarkan ketika guru menjelaskan pelajaran.
2. Implementasi dan nilai-nilai etika santri santri yang
diajarkan dalam Ta’lῑm Muta’allῑm sangat relatif yang di terapkan oleh santri
di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I, IV dan V Ganjaran Gondanglegi Malang,
yang di akibatkan oleh beberapa faktor di antaranya relatifnya
santri berahlaq mengormati ilmu, menghormati guru, memuliakan kitab,
memanfaatkan waktu belajar, mengambil pelajaran kepada yang lebih tua dan
menghapat kiblat
B. Saran-Saran
Dari
hasil kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberikan saran-saran yang tidak
menutup kemungkinan dapat mendatangkan manfaat bagi guru (ustad/ustadzah) untuk
memberikan pola pembelajaran yang baik dan mengarahkan kepada santri untuk
menerapkan nilai-nilai etika yang ada dalam kitab ta’lim muta’lim, maka
penullis dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Diharapkan
kepada segenap guru hendaklah dalam pola pembelajarannya sesuai dengan apa yang
ada di dalam kitab ta’lim muta’lim, supaya santri tidak bisan dalam menerima
penjelasan guru dan juga supaya santri bisa senang dalam menerima penjelasan
guru.
- Santri hendaknya selalu
mendengarkan apa yang diberikan oleh guru-gurunya sehingga menjadi santri
yang rajin dan menjadi santri yang berguna bagi agama, Nusa dan Bangsa,
karena belajar ta’lim muta’lim sangat penting bagi kita untuk bekal
bersosial dengan masyarakat nantinya.
Demikian
beberapa kesimpulan dan saran-saran yang dapat penulis sajikan dalam skripsi
ini, semoga skripsi ini dapat manfaat bagi kita semua khususnya penulis
sendiri.
0 Komentar "pola pembelajaran ta'lim BAB V"